PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII PADA TAHUN 2013- 2015)

YUNAS DEWANTA MUTIK, NIM. 11390048 (2016) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII PADA TAHUN 2013- 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII PADA TAHUN 2013- 2015) SKRIPSI)
11390048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII PADA TAHUN 2013- 2015) SKRIPSI)
11390048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap kaitannya dengan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR), perusahaan diharapkan dapat membina hubungan baik dengan Stakeholder. Pemerintah melalui UU No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas juga mewajibkan perusahaan untuk selalu menjaga hubungan baik dengan lingkungan. Meskipun perlu pengalokasian dana perusahaan untuk alokasi kegiatan CSR, karena tidak sedikit perusahaan yang semakin besar karena kegiatan CSR. Populasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 33 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index dengan sampel penelitian 19 perusahaan tang terdaftar berturut-turut dalam DES. Penelitian ini menggunkan metode purposive sampling yaitu metode penentuan jumlah sampling yang diambil secara acak berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Untuk tujuan analisis digunakan data sekunder berupa data cross secion yaitu 19 perusahaan yang terdaftar di DES dan data time series (2013-2015). Analisis yang digunakan yaitu analisis data panel, untuk melihat pengaruh variabel independen maupun dependen baik secara bersama-sama maupun secara individu. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan menggunkan aplikasi EVIEWS 7 model Random Effect terpilih sebagai model terbaik dalam mengestimasi data panel yang ada. Hasil menunjukan bahwa variabel independen ukuran dewan komisaris, komposisi dewankomisaris independen , ukuran komite audit, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan. Sedangkan secara individu atau parsial, hanya satu variabel saja yaitu frekuensi rapat dewan komisaris yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan tanggungjawa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. AKH. YUSUF KHOIRUDDIN, M.Si
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance (GCG), ukuran perusahaan , corporate social responsibility, Jakarta Islamic Index (JII)
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Feb 2017 10:13
Last Modified: 14 Feb 2017 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23993

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum