`PENGARUH RISK BASED BANK RATING (RBBR) DAN SHARIA COMPLAINCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

MUHAMMAD FAISOL MAKMUN, NIM. 12391037 (2016) `PENGARUH RISK BASED BANK RATING (RBBR) DAN SHARIA COMPLAINCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (`PENGARUH RISK BASED BANK RATING (RBBR) DAN SHARIA COMPLAINCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)
12391037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (`PENGARUH RISK BASED BANK RATING (RBBR) DAN SHARIA COMPLAINCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)
12391037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (994kB)

Abstract

Kinerja adalah salah satu cara untuk melihat berapa besar tingkat profitabilitas suatu bank. Untuk meningkatkan profitabilitas bank, maka bank akan berusaha untuk mendapatkan dana dari sumber dana yang tersedia dan bank berupaya untuk meningkatkan kualitasnya untuk menyalurkan dana agar bank mendapatkan tingkat kesehatan bank yang baik. Profitabilitas bank dapat diukur dengan dua indikator, diantarannya Return on Equity (ROE), dan Return on Assets (ROA), pada penelitian ini peneliti menggunakan indikator Return on Assets (ROA). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data-data yang ada pada laporan keuangan Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sampel pada penelitian ini meliputi Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalah, BRI Syariah, BNI Syariah, BCA Syariah, Bank Bukopin Syariah, Bank Panin Syariah dan Bank Mega Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan bank syariah di indonesia periode 2011-2014 dengan sampel sebanyak 8 bank. Teknik analisis yang digunakan yaitu Regresi Data Panel menggunakan software Eviews 8.0. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh tingkat kesehatan bank berdasarkan metode RBBR (Risk Based Bank Rating) yang mencangkup Risk Profile, GCG, BOPO, dan CAR dan tingkat ketaatan syariah berdasarkan metode Sharia Complaince yang mencangkup PSR, ZPR, dan EDR, terhadap kinerja keuangan bank umum syariah di Indonesia yang diukur dengan Return On Assets (ROA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan variabel GCG, BOPO, PSR berpengaruh negatif terhadap ROA. Dan variabel ZPR berpengaruh positif terhadap ROA, sedangkan untuk variabel PR, CAR, dan EDR hasil d

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. DRS. AKHMAD YUSUF KHOIRUDDIN, S.E.,MSi 2. DIAN NURRIYAH SOLISSA, SHI.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Risk Profile (PR), Good Corporate Governance (GCG), Baiaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Capital Aduquacy Ratio (CAR), Profit Sharing Ratio (PSR), Zakat Sharing Ratio, dan Equitable Distribution Ratio (EDR).
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2017 10:32
Last Modified: 16 Feb 2017 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum