RESILIENSI MAHASISWA BARU DIFABEL DI UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI KASUS DI PUSAT LAYANAN DIFABEL)

GALUH WULANDARI, NIM. 12250006 (2016) RESILIENSI MAHASISWA BARU DIFABEL DI UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI KASUS DI PUSAT LAYANAN DIFABEL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI MAHASISWA BARU DIFABEL DI UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI KASUS DI PUSAT LAYANAN DIFABEL))
12250006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI MAHASISWA BARU DIFABEL DI UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI KASUS DI PUSAT LAYANAN DIFABEL))
12250006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Tanggal12 November 2014 hingga 23 April 2015 dengan tujuan untuk mencari tahu Resiliensi (cara bertahan) serta kesulitan akademis dan non akademis mahasiswa baru difabel. Penelitian ini memiliki latar belakang berdasarkan banyaknya problem atau masalah yang dialami mahasiswa baru dalam perkuliahan namun penelitian ingin menfokuskan terhadap kesulitan akademis dan non akademis mahasiswa baru difabel. Dari peryataan diatas peneliti mengajukan pertanyaan sebagai rumusan masalah yaitu bagaimana cara mahasiswa baru difabel mengatasi setiap kesulitan selama kuliah dikampus serta apa saja kesulitan yang sering mereka alami selama kuliah dikampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi diperoleh dengan mengamati apa saja yang terjadi dilapangan seperti mengamati setiap kegiatan mahasiswa baru difabel baik itu dikampus ataupun diluar kampus. Sedangkan dengan wawancara peneliti mendapatka data keseluruhan informan kemudian dokumentasi yang digunakan untuk melihat arsip yang berkaitan dengan mahasiswa baru difabel. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesulitan atau masalah yang dialami mahasiswa selama kuliah terbagi menjadi dua yaitu kesulitan akademis berisi tentang strategi pembelajaran, dinamika kelas dan mahasiswa yang pasif sedangkan kesulitan non akademis berisi tentang gedung kampus ybelum seluruhnya inklusi serta tidak ada dukungan dari teman sebaya. Kemudian hasil resiliensi dari keseluruhan mahasiswa yaitu sudah bisa mengunakan resiliens

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, MA., Ph. D NIP 19680610 199203 1 003
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Mahasiswa baru dan Difabel
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2017 10:21
Last Modified: 17 Feb 2017 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24027

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum