KALAM AL INSHA' AL TALABIY WA MA'ANIYYAH FI ASH'AR LABID BIN RABI' AH AL 'AMIRIY (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH)

Dhoifun Akbar, NIM. 1420510026 (2016) KALAM AL INSHA' AL TALABIY WA MA'ANIYYAH FI ASH'AR LABID BIN RABI' AH AL 'AMIRIY (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KALAM AL INSHA' AL TALABIY WA MA'ANIYYAH FI ASH'AR LABID BIN RABI' AH AL 'AMIRIY (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH))
1420510026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KALAM AL INSHA' AL TALABIY WA MA'ANIYYAH FI ASH'AR LABID BIN RABI' AH AL 'AMIRIY (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH))
1420510026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

KALAM INSYA’ THALABI DAN MAKNANYA DALAM SYAIR LABID BIN RABI’AH (KAJIAN ANALISIS BALAGHAH) Puisi Arab merupakan kebanggaan orang Arab pada masa Jahili. Mereka berlomba-lomba untuk menciptakan puisi yang sebagai kebanggaan mereka. Labid bin Rabi’ah adalah seorang penyair yang hidup pada dua masa yaitu masa Jahili dan Islam. Karya-karyanya sangat banyak, diantaranya adalah DiwanLabid Bin Rabi’ah yaitu kumpulan puisi terbaik di masa Jahili. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan makna kalam insya thalabi dalam Syair Labid Bin Rabi’ah. Dalam penelitian ini digunakan metode diskriptif kualitatif (untuk memberikan gambaran dan penjelasan tentang penelitian ini) serta metode analisis (sebagai alat untuk mengkaji lebih dalam pada penelitian ini). Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa kalam insya thalabi dalam syi’ir Labid bin Rabi’ah yaitu amar (perintah) 12 bait, nahi (larangan) 6 bait, istifham (pertanyaan) 24 bait, tamanni (harapan) 7 bait, nida’ (panggilan) 4 bait. Adapun dilihat dari segi bentuknya, syair Labid bin Rabi’ah terdapat berbagai bentuk kalam insya’ thalabi yang meliputi amar (perintah), nahi (larangan), istifham (pertanyaan), tamanni (harapan), nida’ (panggilan). Adapun dari segi makna kalam insya’ thalabi mempunyai makna haqiqi yaitu makna asli dan makna idhafi diantaranya adalah ta’jiz (melemahkan), iltimas (ungkapan kepada orang yang sebaya), tahdid (ancaman), irsyad (petunjuk) dan taqrir (penegasan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.H Akhmad Patah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: kalam insya’ thalabi, Diwan as-Syi’ri.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Feb 2017 14:36
Last Modified: 22 Feb 2017 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24081

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum