AL QISSAH AL QASIRAH MUWAZZI' AL BARID LI TAWFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMAIYYAH LI SHARLES SANDERS PIERCE)

NURUL HIDAYAH, NIM. 12110013 (2016) AL QISSAH AL QASIRAH MUWAZZI' AL BARID LI TAWFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMAIYYAH LI SHARLES SANDERS PIERCE). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL QISSAH AL QASIRAH MUWAZZI' AL BARID LI TAWFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMAIYYAH LI SHARLES SANDERS PIERCE))
12110013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AL QISSAH AL QASIRAH MUWAZZI' AL BARID LI TAWFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMAIYYAH LI SHARLES SANDERS PIERCE))
12110013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Al-Qishah al-Qashirah Muwazzi’ al-Barid li Taufik al_Hakim (Dirasah Tahliliyah Simiyaiyah li Charles Sander Pierce). Skripsi ini menjelaskan makna yang terkandung dalam cerpen dengan teori semiotika charles sanders pierce. Peneliti tertarik untuk mengkaji cerpen tersebut karena sifat-sifat yang dimunculkan oleh setiap tokoh dalam cerpen tersebut menimbulkan interpretan, yaitu Allah dan tiga golongan kaum muslim. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitif dan jenis penelitian yang digunakan adalah library research. Adapun data primer dalam penelitian ini adalah cerpen Muwazzi’ al-Barid, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah semua buku yang berhubungan dengan semiotika.Penelitian ini dimulai dengan menganalisis unsur-unsur intrinsik, yaitu tema, penokohan, alur, latar, dan sarana cerita. Kemudian dilanjutkan dengan analisis semiotika charles dengan menggunakan segitiga triadik untuk menemukan interpretasi dari tokoh pak pos, aku, nenek tua dan nelayan. Peneliti menemukan interpretan-interpretan dari tiap-tiap tokoh melalui unsur triadik yakni, pak pos berkedudukan sebagai representamen, sifatnya berkedudukan sebagai obyek dan memunculkan interpretan berupa Allah yang maha Esa. Tiga tokoh lainnya memunculkan interpretan berupa golongan kaum muslim yang terdiri dari fastabiqul khairat, golongan menengah, dan golongan dzalimun linafsih. Nelayan berkedudukan sebagai representamen, perilaku sebagai objek dan memunculkan interpretan berupa golongan Fastabiqul khairat. Aku berkedudukan sebagai representamen, perilaku sebagai objek dan memunculkan interpretan berupa golongan pertengahan dan Nenek tua berkedudukan sebagai representamen, perilaku sebagai objek dan memunculkan interpretan berupa golongan dzalimu liinafsih. Kata kunci: Taufik al-Hakim, Muwazzi’ al-Barid, Charles Sanders Pierce

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ridwan, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Taufik al-Hakim, Muwazzi’ al-Barid, Charles Sanders Pierce
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2017 15:57
Last Modified: 22 Feb 2017 15:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum