Baroroh, R. Umi and Pratiwi, Novera (2015) KEBIJAKAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL. Al Mahara : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol.1 (No.1). pp. 151-176. ISSN 2477-5835
|
Text (KEBIJAKAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL)
R. Umi Baroroh & Novera Pratiwi - KEBIJAKAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL.pdf - Published Version Download (519kB) | Preview |
Abstract
Bahasa Arab merupakan salah satu materi pelajaran yang dipelajari anak yang belajar di Raudlatul Athfal di Indonesia. Hal ini menunjukkan orang Indonesia memiliki perhatian yang besar terhadap bahasa Arab meskipun pemerintah tidak memiliki kebijakan terkait dengannya. Kajian ini menfokus pada studi kebijakan pembelajaran bahasa Arab di dua Raudlatul Athfal di RA DWP UIN Sunan Kalijaga dan RA Riyadus Salihin Tumut Sumbersari Moyudan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan kualitatif. Ini juga merupakan penelitian kebijakan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah pertama, pemerintah Indonesia belum memiliki kebijakan tentang pembelajaran bahasa Arab di Raudlatul Athfal. Kedua, Raudlatul Athfal DWP UIN Sunan Kalijaga dan RA Riadlus Salihin Tumut melaksanakan pembelajaran bahasa Arab dengan model yang berbeda. Bahasa Arab di RA DWP UIN Sunan Kalijaga dilaksanakan sekali dalam seminggu dengan pengulangan materi setiap hari, dan materinya berupa kosa kata Arab beserta artinya. Sedangkan RA Riyadus Salihin bahasa Arab berlangsung dengan nyanyian dan permainan. Kata Kunci: Kebijakan, Pendidikan Bahasa Arab, Raudlatul Athfal
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebijakan, Pendidikan Bahasa Arab, Raudlatul Athfal |
Subjects: | Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Jurnal > 36. Al Mahara |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 10:36 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 10:36 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24119 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |