PERAN SENTRA PEYEK PELEMADU DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT : Studi di Dusun Pelemadu, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul

Muhammad Rosyid Z. Q., NIM: 10230016 (2016) PERAN SENTRA PEYEK PELEMADU DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT : Studi di Dusun Pelemadu, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN SENTRA PEYEK PELEMADU DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT : Studi di Dusun Pelemadu, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul)
10230016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN SENTRA PEYEK PELEMADU DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT : Studi di Dusun Pelemadu, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul)
10230016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sentra Peyek Pelemadu adalah nama dari industri sentra pembuatan peyek di Dusun Pelemadu, berdiri sejak tahun 1994 hingga sekarang. Awalnya hanya terdiri dari 11 perajin peyek yang memiliki satu atau dua rumah produksi untuk membuat peyek. Namun seiring berjalannya waktu, sentra peyek pelemadu pun mengalami perkembang pesat. Meskipun dulu sempat menurun perkembangannya akibat terkena bencana alam gempa bumi yang terjadi pada tahun 2006 lalu, kini masih ada 43 perajin yang berhasil bertahan. Jumlah ini melebihi jumlah awal para perajin peyek sebelum terkena gempa. Hal ini menunjukkan bahwa gempa bumi tidak hanya menimbulkan bencana bagi warga dusun pelemadu, namun juga memberi berkah tersendiri bagi mereka. Fakta di atas tentunya mengundang beberapa pertanyaan tersendiri bagi penulis seperti: bagaimana peran sentra peyek terhadap peningkatan perekonomian warga Dusun Pelemadu? Dan pertanyaan lain seperti: bagaimana dampaknya terhadap peningkatan perekonomian warga Dusun Pelemadu? Untuk menjawab pertanyaan yang telah disampaikan di atas dan guna mendapatkan keakuratan informasi mengenai jawaban dari pertanyaan di atas, maka dalam penelitiaan ini metode yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif yaitu, jenis penelitian yang menggambarkan dan melukiskan keadaan objek dan subjek penelitian berdasarkan suatu fakta yang nampak atau sebagaimana adanya. Penyajian hasil dari penelitian ini diurutkan berdasarkan awal tahun terjadinya peristiwa. Kemudian, untuk penarikan informannya menggunakan teknik bola salju yaitu, dengan bertanya kepada seorang informan kunci yang sekiranya mengetahui banyak hal tentang fokus yang sedang diteliti. Selanjutnya penulis tanyakan kepada informan kunci tersebut siapa yang dapat penulis wawancarai mengenai beberapa hal yang telah penulis tanyakan kepada informan kunci tersebut. Untuk selanjutnya penulis ulangi proses tersebut kepada oarang lain yang telah ditunjuk oleh informan sebelumnya sampai penulis merasa sudah cukup mendapat informasi yang layak untuk disajikan. Adapun beberapa hal yang penulis temukan dalam penelitian ini yaitu, Sentra Peyek Pelemadu melakukan tiga peran terkait peningkatan perekonomian warga Dusun Pelemadu antara lain: peran fasilitator, peran mediator dan peran pendampingan sebagai motivator. Ketiga peran yang dilakukan oleh sentra peyek telah membantu meningkatkan perekonomian warga dusun pelemadu sehingga sekarang ini. Kemudian penulis menemukan hal lain yaitu dampak adanya sentra peyek terhadap peningkatan perekonomian warga Dusun Pelemadu. Dampak yang diterima warga ada dua macam yaitu: dampak positif seperti melancarkan kegiatan perekonomian warga, memberikan lapangan pekerjaan untuk warga dan meningkatkan kualitas SDM warga. Sedangkan dampak negatifnya seperti: terjadinya persaingan tidak sehat, peralihan lahan pertanian menjadi lahan industri, mulai ditinggalkannya profesi menjadi petani, dan peningkatan ekonomi yang tidak merata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto, S. Sos M. Si
Uncontrolled Keywords: Sentra Peyek, Dusun Pelemadu, Peran, Dampak, Peningkatan Ekonomi.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Feb 2017 15:40
Last Modified: 23 Feb 2017 15:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24127

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum