PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR DI KABUPATEN SUKOHARJO

Dibti Witiningtiyas Rahayuni, NIM. 10230045 (2016) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR DI KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR DI KABUPATEN SUKOHARJO)
10230045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR DI KABUPATEN SUKOHARJO)
10230045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

terjadi di masyarakat. Sehingga untuk meminimalisir banyaknya masalah sosial yang terjadi dimasyarakat, maka banyak program pemberdayaan yang telah dilaksanakan oleh berbagai pihak mulai dari pihak pemerintah, swasta, maupun Lembaga Swadaya Masyarakat. Ini mengindikasikan bahwa pemberdayaan adalah paradigma baru pembangunan yang telah menjadi komitmen dari semua komponen bangsa. Dalam hal ini khususnya pemberdayaan yang ditujukan kepada masyarakat Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program apa saja yang dimiliki Sanggar Kegiatan Belajar dalam melakukan pemberdayaan masyarakat, proses apa saja yang dilewati dalam melakukan program pemberdayaan masyarakat serta kendala apa yang dialami pada saat proses pemberdayaan berlangsung. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana program pemberdayaan di Sanggar Kegiatan Belajar, (2). Bagaimana proses pemberdayaan di Sanggar Kegiatan Belajar, dan (3). Bagaimana kendala pemberdayaan di Sanggar Kegiatan Belajar Sukoharjo. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan metode analisa data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Program pemberdayaan di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sukoharjo meliputi Program PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) melalui kelompok bermain dan Program DIKMAS (Pendidikan Masyarakat) yang terdiri dari Program Keaksaraan, Program Kesetaraan, Pemberdayaan perempuan, KWD (Kursus Wirausaha Desa). (2) proses pemberdayaan di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sukoharjo meliputi proses reguler dan proses insidental. (3) Ada beberapa kendala dalam pemberdayaan di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sukoharjo antara lain : Kendala Luasan Lokasi, kendala pendanaan, dan kendala motivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Afif Rifa’i, M. S
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Masyarakat Kabupaten Sukoharjo, Sanggar Kegiatan Belajar.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Feb 2017 08:53
Last Modified: 24 Feb 2017 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum