EVALUASI AKSESIBILITAS DI KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI STANDAR IFLA CHECKLIST

Siti Wulandari, 12140054 (2016) EVALUASI AKSESIBILITAS DI KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI STANDAR IFLA CHECKLIST. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI AKSESIBILITAS DI KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI STANDAR IFLA CHECKLIST)
12140054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI AKSESIBILITAS DI KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI STANDAR IFLA CHECKLIST)
12140054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aksesibilitas untuk difabel di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta ditinjau dari standar IFLA Checklist. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh dari pengumpulan data utama, menggunakan observasi, wawancara dengan informan, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan membercheck. Dari hasil peneliti yang dilakukan diketahui bahwa dari 3 standar terdiri dari 20 komponen yang dievaluasi terdapat 3 komponen yang sudah sesuai IFLA Checklist pada standar layanan dan komunikasi dan 17 komponen yang belum sesuai IFLA Checklist pada standar akses fisik, format media, dan layanan dan komunikasi. Hasil penelitian ini diketahui dari 3 standar IFLA Checklist yang terdiri dari 20 komponen terdapat 15% yang sudah sesuai standar IFLA Checklist dan 85% yang belum sesuai standar IFLA Checklist. Aksesibilitas yang sesuai dengan standar IFLA Checklist antara lain yaitu layanan untuk penyandang cacat fisik, layanan untuk orang-orang cacat kognitif (keterbatasan mental), dan cara bekerja sama dengan organisasi-organisasi penyandang cacat dan individu. Sedangkan yang belum sesuai dengan standar antara lain area di luar perpustakaan, masuk ke perpustakaan, akses bahan dan layanan pada ruang fisik, toilet, bagian sirkulasi, bagian referensi/informasi, area anak-anak, gedung, format media, komputer, pelayanan dan komunikasi, layanan khusus untuk pelanggan penyandang cacat, cara memberikan informasi kepada pelanggan dengan cacat tunanetra, cara memberikan informasi untuk gangguan pendengaran atau tunarungu, layanan untuk orang dengan kesulitan membaca, cara membuat informasi yang mudah dimengerti, dan situs web. Saran dari peneliti kepada Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta adalah perlu perbaikan, pengembangan dan peningkatan aksesibilitas dalam bidang-bidang yang belum sesuai standarisasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Marwiyah, S.Ag., SS., MLIS
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Aksesibilitas, Kantor Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta, IFLA Checklist.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Feb 2017 13:41
Last Modified: 24 Feb 2017 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24149

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum