KEBERAGAMAN DAN ETOS KERJA MASYARAKAT PETANI GUBAR DESA GIRIPURWO KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Muhammad Ridho, NIM. 09520033 (2016) KEBERAGAMAN DAN ETOS KERJA MASYARAKAT PETANI GUBAR DESA GIRIPURWO KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SINAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEBERAGAMAN DAN ETOS KERJA MASYARAKAT PETANI GUBAR DESA GIRIPURWO KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
09520033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEBERAGAMAN DAN ETOS KERJA MASYARAKAT PETANI GUBAR DESA GIRIPURWO KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
09520033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR_2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat gubar merupakan masyarakat petani yang hidup di daerah yang memiliki letak geografis yang sangat terjal. Daerah ini terletak di daerah perbukitan, berbatu, tanahnya tandus dan kering. Namun mereka tidak pernah menyerah dengan kondisi kesulitan tersebut. Sistem kekeluargaan, paguyuban, homogen, hubungan yang erat dengan setiap warga, dan letak geografis menjadikan mereka saling bersatu membahu demi sebuah kelangsungan hidup mereka. Kondisi masyarakat petani Gubar mempunyai sistem nilai tersendiri di dalam masyarakat. Nilai yang diturunkan oleh nenek moyang mereka, yaitu selalu dekat dengan alam dan menjaganya. Karena dengan mendekat dengan alam dan selalu menjaganya, maka alam juga akan melindungi masyarakat tersebut dari bencana yang sewaktu-waktu mengancam mereka. Etos kerja masyarakat petani Gubar sangatlah tinggi semata-mata hanyalah untuk ibadah dan kebutuhan untuk kelangsungan hidup mereka. Dari paparan di atas, peneliti akan menganalisis tentang bagaimana relasi keberagamaan dengan etos kerja. Perilaku keberagamaan seseorang akan memberikan dampak kepada etos kerja masyarakat petani Gubar. Penelitian ini, bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu mendeskripsikan fakta yang diteliti tentang keberagamaan dan etos kerja petani Gubar dengan melukiskan keadaan subyek penelitian (seorang, lembaga, dan sebagainya). Penelitian ini mendeskripsikan fakta-fakta yang terjadi dalam kehidupan keberagamaan dan etos kerja Masyarakat petani Gubar. Dari hasil penelitian ini keberagamaan dan etos kerja masyarakat petani Gubar mempunyai sebuah relasi. Walaupun dapat dikatakan bahwa relasi tersebut belum bisa dikatakan relasi yang baku, tetapi keberagamaan masyarakat Gubar memberikan motivasi, dorongan, etika dalam bekerja, yang di dalamnya terdapat nilai ibadah. Keberagamaan di sini merupakan salah satu faktor pendukung etos kerja yang unggul, selain ada faktor yang lain seperti kondisi letak geografis dan kebutuhan hidup, untuk mencukupi kebutuhan seperti: kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rahmat Fajri, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja, Petani
Subjects: AGAMA - PERBANDINGAN - PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:56
Last Modified: 27 Feb 2017 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24171

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum