ETIKA AKSIOLOGIS RITUAL KIRAB BERINGIN DALAM UPACARA ADAT PERNIKAHAN DI DUSUN NGINO KELURAHAN MARGOAGUNG KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Rohmadi Agus Setiawan, 12510069 (2016) ETIKA AKSIOLOGIS RITUAL KIRAB BERINGIN DALAM UPACARA ADAT PERNIKAHAN DI DUSUN NGINO KELURAHAN MARGOAGUNG KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ETIKA AKSIOLOGIS RITUAL KIRAB BERINGIN DALAM UPACARA ADAT PERNIKAHAN DI DUSUN NGINO KELURAHAN MARGOAGUNG KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
12510069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ETIKA AKSIOLOGIS RITUAL KIRAB BERINGIN DALAM UPACARA ADAT PERNIKAHAN DI DUSUN NGINO KELURAHAN MARGOAGUNG KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
12510069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ritual Kirab Beringin dalam Upacara Adat Pernikahan di Dusun Ngino memiliki nilai-nilai filosofis yang erat dengan masyarakat. Tujuan dari pelaksanan Ritual Kirab Beringin dalam Upacara Adat Pernikahan di Dusun Ngino merupakan sebuah ritual penghormatan mengenang jasa-jasa kepada leluhur mereka yakni Mbah Bregas dan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, selain itu menjaga tradisi upacara ritual setiap yang akan melaksanakan hajat pernikahan di Desa Margoagung terutama Dusun Ngino Seyegan. Peneliti ingin mengkaji lebih dalam mengenai nilai-nilai filosofis yang terdapat pada Ritual Kirab Beringin dalam Upacara Adat Pernikahan di Dusun Ngino, dengan mengunakan hierarki nilai Max Scheler. Adapun masalah dalam penelitian ini, yaitu mengulas latar belakang sejarah ritual beserta prosesi Ritual Kirab Beringin dalam Upacara Adat Pernikahan di Dusun Ngino, nilai filosofis beserta simbolisme yang terdapat dalam ritual ini dan kemudian upaya yang dilakukan masyarakat Margoagung untuk mempertahankan ritual tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan lebih mendekatkan kepada observasi dan wawancara sedangkan analisis penelitian ini dengan langkah Deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berupa: Nilai Kesenangan dan ketidaknikmatan yaitu nilai-nilai di dalamnya terdapat nilai hiburan yang membuat masyarakat terhibur dengan Ritual Kirab Beringin dalam Upacara Adat Pernikahan di Dusun Ngino ini. Nilai kehidupan juga terdapat pada prosesi mengitari pohon beringin untuk mendapat berkah dari nenek moyang mereka sehingga setelah berkeluarga hidup akan lebih baik tanpa ada halangan apapun, sehingga untuk mencapai sebuah kebahagiaan kehidupan kita harus melewati tahapan yang diumpamakan ketika mengitari pohon beringin. Nilai vitalitas terdapat dalam nilai moral, sosial, ekonomi dan hiburan. Nilai spiritual ditunjukkan pada keindahan sang pengantin yang tampak cantik dan gagah ketika memakai pakaian adat Jawa seberta pengikut kirab di belakang kedua pengantin tersebut. Nilai Religius terdapat pada saat upacara ritual yang diawali doa mengantar oleh tokoh adat setempat dan saat mengelilingi pohon beringin berdoa kepada Allah dengan niat tanpa bersuara, dengan bacaan Ayat kursi atau Al- Fatihah. Selain itu upaya yang dilakukan masyarakat Desa Margoaung untuk mempertahankan tradisi ritual ini dengan cara bersih desa sebagai agenda tahunan di Margoagung setelah panen padi untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa Mbah Bregas dan upaya untuk memberikan pengetahuan kepada generasi muda berkaitan dengan cikal bakal Dusun Ngino.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H.Robby Habiba Abror, S.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Ritual Kirab Beringin,Adat Pernikahan
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Filsafat Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Feb 2017 16:00
Last Modified: 24 Feb 2017 16:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24187

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum