KETUHANAN BUDDHISME MAITREYA (Studi Komparatif Tinjauan Ketuhanan Buddhisme Maitreya Di Vihara Bodhicitta Maitreya Dengan Aliran Mahayana Dan Theravada)

LAULY KURNIA DEWI, NIM. 12520021 (2016) KETUHANAN BUDDHISME MAITREYA (Studi Komparatif Tinjauan Ketuhanan Buddhisme Maitreya Di Vihara Bodhicitta Maitreya Dengan Aliran Mahayana Dan Theravada). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KETUHANAN BUDDHISME MAITREYA (Studi Komparatif Tinjauan Ketuhanan Buddhisme Maitreya Di Vihara Bodhicitta Maitreya Dengan Aliran Mahayana Dan Theravada))
12520021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34MB) | Preview
[img] Text (KETUHANAN BUDDHISME MAITREYA (Studi Komparatif Tinjauan Ketuhanan Buddhisme Maitreya Di Vihara Bodhicitta Maitreya Dengan Aliran Mahayana Dan Theravada))
12520021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Gagasan ketuhanan hampir selalu ada di dalam agama-agama. Manusia memiliki kecenderungan mencari kekuatan yang jauh lebih besar dari dirinya untuk menjawab fenomena-fenomena yang tidak dapat dimengerti oleh akal. Akan tetapi tradisi Buddha awal beranggapan bahwa kepercayaan terhadap hal yang supranatural, mau pun kepercayaan terhadap Tuhan akan menghambat proses manusia menuju pencerahan. Oleh sebab itu pembahasan mengenai Tuhan bukanlah menjadi hal yang utama di dalam tradisi Buddha. Agama Buddha Maitreya merupakan sekte dalam aliran Mahayana yang memandang bahwa Tuhan merupakan pembahasan yang utama dan penting. Tuhan adalah sumber dari segalanya. Meski berbeda dengan tradisi Buddhis, Buddhisme Maitreya mampu menegakkan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsepsi ketuhanan di dalam Buddhisme Maitreya, pandangan umat Buddhisme Maitreya Yogyakarta terhadap ketuhanan LAOMU. Untuk dapat mengkaji ketuhanan di dalam Buddhisme Maitreya, maka selanjutnya perlu dikomparasikan dengan aliran Theravada dan Mahayana. Obyek penelitian penulis yakni umat Buddhisme Maitreya Yogyakarta, yang terhimpun di dalam Vihara Bodhicitta Maitreya Yogyakarta. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif-analitik, penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yakni menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan filosofis, dengan menggunakan teori argumen pembuktian Tuhan dan aliran-aliran dalam konsepsi ketuhanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buddhisme Maitreya memiliki konsepsi ketuhanan theistik. LAOMU memiliki sifat yang dualisme, yakni transenden dan immanen. Transendensi LAOMU dilihat dari sifat-Nya yang berbeda dengan makhluk, LAOMU tidak dapat dilihat dan tidak dapat diimajinasikan. Namun LAOMU juga dekat dengan alam, Ia memiliki sifat Wu Shou Bu Zai, artinya LAOMU ada di mana-mana bahkan di dalam hati nurani setiap manusia. Dalam hal Ketuhanan, Buddhisme Maitreya akan berbeda dengan aliran Theravada, sebab di dalam Theravada yang mutlak adalah Nibbana/Nirvana. Karakteristik tersebut berbeda dengan Adi Buddha dalam Mahayana, yang dianggap sebagai hierarki tertinggi di antara para Buddha dalam Buddhisme Mahayana. LAOMU di dalam pemahaman tekstual bersifat mendominasi alam dan berkuasa atas seluruh alam. Akan tetapi Agama Buddha Maitreya di Vihara Bodhicitta Maitreya ternyata belum bisa bergerak terlampau jauh dari aliran induknya. LAOMU menurut umat tidak mendominasi alam, sifat- Nya hanya memelihara dan bukan berkuasa. Orientasi umat Vihara Bodhicitta Maitreya adalah untuk berbakti kepada LAOMU melalui perbuatan Kasih kepada sesama makhluk LAOMU.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. A. Singgih Basuki, M.A.
Uncontrolled Keywords: Buddha, Buddhisme Maitreya, Ketuhanan.
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Mar 2017 08:27
Last Modified: 23 Mar 2017 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24193

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum