STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) UNTUK PENINGKATAN MUTU DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

Machali, Imam (2012) STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) UNTUK PENINGKATAN MUTU DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. Project Report. JURUSAN K /MPI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI YOGYAKARTA, Yogyakarta.

[img] Text (STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) UNTUK PENINGKATAN MUTU DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA)
Imam Machali - Strategi Bauran Pemasaran di SD Muhamadiyah Sapen Laporan Penelitian Penelitian 2012.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana strategi penerapan bauran pemasaran (marketing mix) untuk peningkatan mutu di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode deskriptif analitik. Penggunaan metode ini dimaksudkan untuk memahami dan mendiskripsikan strategi penerapan bauran pemasaran (marketing mix) untuk peningkatan mutu di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, process) dalam bauran pemasaran di SD Muhammadiyah Sapen berbentuk Product (produk) yang ditawarkan oleh SD Muhammadiyah Sapen kepada pelanggan berupa Program Akselerasi-Cepat Tuntas (PATAS), Program Cerdas Istimewa Matematika IPA(CIMIPA), Kelas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), Program Regular. Price (harga) harga yang harus dibayarkan untuk mendapatkan layanan jasa bervariasi tergantug pada pilihan masuk sekolah. Place (lokasi/tempat) SD Muhammadiyah Sapen cukup strategis, karena lokasi cukup dekat dengan jalan raya, berada di kota Yogyakarta, dekat dengan berbagai instansi dan sarana pembelajaran, mudah dijangkau oleh orang tua serta peserta didik sendiri, baik dengan sarana transportasi maupun pribadi. Promotion (promosi) yang dilakukan berupa advertising (iklan) melalui media TV, radio, surat kabar, bulletin, majalah, baliho, brosur, internet dan lain-lain. People (SDM) SD Muhammadiyah Sapen baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan melalui seleksi yang sangat ketat dan memenuhi standar pelayanan. Physical evidence (bukti fisik) SD Muhammadiyah Sapen berupa bukti penting (essential evidence) desain dan tata letak (layout) gedung, desain ruang kelas, gedung sekolah, perpustakaan, lapangan olah raga dan lain-lain sangat memuaskan. Dan bukti pendukung (peripheral evidence) berupa buku prestasi dan perkembangan siswa. Process (proses) SD Muhammadiyah Sapen telah diakui dan memenuhi standar akreditasi BAN PF dengan terpenuhi delapan standar nasional pendidikan berupa Standar isi, Standar proses, Standar pengelolaan (perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan), dan Standar penilaian pendidikan. Rekomendasi yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah penggunaan 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, process) untuk kemajuan lembaga pendidikan Islam unsure 7P patut menjadi pertimbangan dalam proses pengelolaan pendidikan yang kemudian berorientasi pada kepuasan pelanggan pendidikan Islam (costumer satisfaction of Islamic education institution). Kata Kunci: Buran Pemasaran, SD Muhammadiyah Sapen

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Buran Pemasaran, SD Muhammadiyah Sapen
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Penelitian > 1. Pegawai dan Dosen
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Feb 2017 08:55
Last Modified: 28 Feb 2017 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum