RUANG PUBLIK BORJUIS (Telaah atas Buku Ruang Publik; Sebuah Kajian Tentang Kategori Masyarakat Borjuis Karya Jurgen Habermas)

IMAN WAHYUDI, NIM. 11510004 (2016) RUANG PUBLIK BORJUIS (Telaah atas Buku Ruang Publik; Sebuah Kajian Tentang Kategori Masyarakat Borjuis Karya Jurgen Habermas). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Ruang Publik Borjuis (Telaah atas Buku Ruang Publik; Sebuah Kajian Tentang Kategori Masyarakat Borjuis Karya Jurgen Habermas))
11510004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Ruang Publik Borjuis (Telaah atas Buku Ruang Publik; Sebuah Kajian Tentang Kategori Masyarakat Borjuis Karya Jurgen Habermas))
11510004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam sejarah filsafat Barat dapat kita temukan banyak fenomena yang berkaitan dengan masyarakat. Kajian tentang masyarakat kemudian banyak menjadi perhatian filsuf-filsuf masa itu hingga saat ini, termasuk peran masyarakat di dalam sebuah negara. Bukan hanya dalam ranah struktural negara, masyarakkat juga mampu berperan di luar institusi negara sebagai pengontrol pemerintah dalam usahanya mendapat keadilan. Peran di luar struktur pemerintahan ini dilakukan di dalam sebuah kelompok-kelompok. Peran ini tidak hanya dilakukan ketika aturan-aturan negara menghendakinya, lebih dari itu peran tersebut juga harus dilakukan secara spontan, mandiri dan sinambung. Namun tidak banyak filsuf yang berbicara tenatang peran masyarakat di dalam negara secara berkesinambungan. Jurgen Habermas yang akan diteliti dalam skripsi ini merupakan salah seorang tokohnya. Idenya tentang “Ruang Publik Borjuis” dalam buku “Ruang Publik: Sebuah Kajian Tentang Kategori Masyarakat Borjuis” menjadi literaratur primer yang digunakan dalam skripsi ini. Dalam skripsi ini penulis akan membahas tentang peran masyarakat borjuis yang membentuk ruang publik, kemudian sejarah munculnya ruang publik borjuis, perkembangan dan hilangnya ruang publik borjuis. Skripsi ini akan menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu suatu metode yang digunakan secara sistematis mendeskripsikan segala hasil penelitian yang diperoleh yang berkaitan dengan pokok masalah. Dengan metode ini diharapkan mampu memperoleh hasil maksimal terkait definisi, sejarah kemunculan, perkembangan dan memudarnya ruang publik borjuis serta dampak yang ditimbulkan oleh Ruang Publik Borjuis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Imam Iqbal, S.Fil.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Borjuis, Ruang Publik, Jurgen Habermas
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Filsafat Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Mar 2017 13:50
Last Modified: 22 Mar 2017 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum