Pendidikan Agama Islam Pada Santri Lanjut Usia Di Pondok Pesantren Sepuh Masjid Agung Payaman Magelang

Machali, Imam and Sufi Hidayah, Nur (2014) Pendidikan Agama Islam Pada Santri Lanjut Usia Di Pondok Pesantren Sepuh Masjid Agung Payaman Magelang. Jurnal An Nur, 6 (1). pp. 41-59. ISSN 2502-0587

[img]
Preview
Text (Pendidikan Agama Islam Pada Santri Lanjut Usia Di Pondok Pesantren Sepuh Masjid Agung Payaman Magelang)
Imam Machali - PAI Pondok Lanjut Usia Jurnal Annur vol vi no 1 juni 2014.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnalannur.stiq.ac.id/index.php/An-Nur/art...

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pendidikan Agama Islam pada Santri Lanjut Usia di Pondok Pesantren Sepuh Masjid Agung Magelang. Hasil penelitian menunjukan bahwa, motivasi para santri Lansia masuk ke pondok pesantren ini karena ingin belajar agama Islam dan ingin menghabiskan masa usia lanjutnya untuk terus beribadah hingga meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam meliputi komponen yang berkaitan dengan: tujuan, metode, materi, pendidik, peserta didik dan kegiatan belajar mengajar. Pembinaan Pendidikan Agama Islam meliputi pembinaan al-Qur’an, tafsir al-Ibriz, pengajian, al-Berzanji, dan shalat. Faktor pendukung dan penghambat berasal dari luar dan dalam. Faktor penghambat dari dalam yakni: latar belakang santri, kondisi fisik dan kognitif santri lanjut usia, prilaku sosial, niat dan minat santri. Faktor penghambat dari luar adalah kurang terkontrol keluar masuknya santri dari pondok pesatren. Sedangkan pendukung dari dalam yakni: adanya motivasi dalam diri untuk bekal menghadapi kehidupan akhirat. Faktor pendukung dari luar yakni: adanya kesabaran dan keuletan para guru, sanak keluarga, teman dan adanya fasilitas yang memadai guna pelaksanaan kegiatan keagamaan. Kata Kunci: PAI, Lansia, PayamanAbstract This study discusses the Islamic Religious Education on elderly Students in Islamic Boarding School Mosque Sepuh Magelang. The results showed that, the motivation of the students Elderly want to learn the islamic religion and to spend the age and die with khusnul khotimah. Implementation of Islamic religious Education includes the purpose, methods, materials, educators, learners and learning activities. Development of Islamic Religious Education includes the guidance of the Qur’an, al-Ibriz interpretation, recitation, al-Berzanji, and prayer. Enabling and inhibiting factors coming from outside and inside. The inhibiting factors in imlplementation of Islamic Religious Education namely the background of students, physical conditions and cognitive students, social behavior, intention and interest of students. Supporters factor are self motivation to face for life hire after, the presence of the patience and perseverance of teachers, relatives, friends and facilities in religious education. Keywords: PAI, Elderly, Payaman

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PAI, Lansia, Payaman Keywords: PAI, Elderly, Payaman
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Feb 2017 08:28
Last Modified: 28 Feb 2017 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24241

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum