EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DILENGKAPI DENGAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KOLOMBO PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS

Wulandari, NIM.12690005 (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DILENGKAPI DENGAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KOLOMBO PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DILENGKAPI DENGAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KOLOMBO PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS)
12690005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DILENGKAPI DENGAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KOLOMBO PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS)
12690005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui efektivitas metode pembelajaran tutor sebaya dilengkapi dengan metode giving question and getting answer dalam meningkatkan minat belajar fisika (2) Mengetahui efektivitas metode pembelajaran tutor sebaya dilengkapi dengan metode giving question and getting answer dalam meningkatkan hasil belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) menggunakan nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa metode tutor sebaya dilengkapi dengan giving question and getting answer, serta variabel terikat berupa minat dan hasil belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kolombo tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster sampling, sehingga terpilih kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XD sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah lembar soal pretestposttest dan lembar angket minat belajar fisika. Teknik analisis data soal pretestposttest dan angket minat belajar fisika menggunakan statistik parametris berupa uji t dan formula N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran dengan metode tutor sebaya dilengkapi dengan metode giving question and getting answer efektif dalam meningkatkan minat belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Effect Size sebesar 3,363 yang menunjukkan bahwa perbedaan peningkatan minat pada kedua kelas masuk dalam kategori tinggi (2) Pembelajaran dengan metode tutor sebaya dilengkapi dengan metode giving question and getting answer efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui 80,769% siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 60 dan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,360 (sedang). Kriteria keefektifan tersebut mengacu pada kriteria yang dikembangkan oleh Nurgana, yaitu 75% dari jumlah siswa memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 60, N-Gain yang signifikan, dan minat belajar meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Tutor sebaya, giving question and getting answer, minat, hasil belaj
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Feb 2017 15:41
Last Modified: 28 Feb 2017 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24295

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum