PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA N 2 BANGUNTAPAN KELAS X PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Arista Budiarti, NIM. 12690025 (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA N 2 BANGUNTAPAN KELAS X PADA MATERI LISTRIK DINAMIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA N 2 BANGUNTAPAN KELAS X PADA MATERI LISTRIK DINAMIS)
12690025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA N 2 BANGUNTAPAN KELAS X PADA MATERI LISTRIK DINAMIS)
12690025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi listrik dinamis, (2) Peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa yang mengikuti strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), (3) pengaruh strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas X pada materi listrik dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) serta variabel terikat hasil belajar fisika berupa hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotorik. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Banguntapan tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas, sehingga ditetapkan kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan X4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Bentuk instrumennya menggunakan soal pretestposttest dan lembar observasi psikomotorik. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t dan Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran Predict- Observe-Explain (POE) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi listrik dinamis (taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,000 < α = 0,05; maka Ha diterima dan H0 ditolak), (2) Strategi pembelajaran Predict-Observe- Explain (POE) mampu meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi Listrik Dinamis (N-Gain kelas eksperimen = 0,36 (sedang) > N-Gain kelas kontrol = 0,08 (rendah)), (3) Strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berpengaruh terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas X pada materi listrik dinamis (taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,023 < α = 0,05; maka Ha diterima dan H0 ditolak).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ika Kartika, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), Hasil Belajar, Listrik Dinamis
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Feb 2017 15:59
Last Modified: 28 Feb 2017 15:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24298

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum