EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS X MA IBNUL QOYYIM PUTRI PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

EVA NURHIDAYATI, NIM. 12690042 (2016) EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS X MA IBNUL QOYYIM PUTRI PADA MATERI LISTRIK DINAMIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS X MA IBNUL QOYYIM PUTRI PADA MATERI LISTRIK DINAMIS)
12690042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS X MA IBNUL QOYYIM PUTRI PADA MATERI LISTRIK DINAMIS)
12690042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan prestasi belajar fisika siswa pada materi listrik dinamis. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) serta variabel terikat berupa prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X-C dan X-D MA Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dengan instrumen pengumpulan data berupa soal pretest dan soal posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi listrik dinamis. Kelas eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar dengan N-Gain 0,50 (sedang) sementara kelas kontrol dengan N-Gain 0,29 (rendah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widayanti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), prestasi belajar siswa, listrik dinamis
Subjects: Fisika
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Mar 2017 11:02
Last Modified: 02 Mar 2017 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24308

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum