PERANCANGAN LABEL KEMASAN MINUMAN JAMU READY TO DRINK DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS UKM BREGAS)

MUHAMMAD IQBAL MASARDHI, NIM. 11660028 (2016) PERANCANGAN LABEL KEMASAN MINUMAN JAMU READY TO DRINK DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS UKM BREGAS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANCANGAN LABEL KEMASAN MINUMAN JAMU READY TO DRINK DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS UKM BREGAS))
11660028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERANCANGAN LABEL KEMASAN MINUMAN JAMU READY TO DRINK DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS UKM BREGAS))
11660028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Jamu merupakan obat tradisional Indonesia yang sudah turun-temurun dibuat berdasarkan pengalaman dan berasal dari bahan alami. Kemajuan teknologi juga memudahkan pengolahan bahan baku alam menjadi jamu. Tantangan yang ada yaitu mengubah image jamu yang berkesan kuno melalui strategi pengemasannya, karena kemasan bagian dalam strategi pemasaran suatu produk. Kemasan produk terutama labeling, berkaitan dengan desain yang untuk dapat mempengaruhi pola pikir manusia melalui kontak visual sehingga dapat mempengaruhi perilaku impulsive buying pada konsumen. Kansei Engineering didefinisikan sebagai teknologi penerjemahan perasaan konsumen tentang poduk yang akan datang atau baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perasaan konsumen dan atribut yang berhubungan dengan label kemasan, kemudian didapat desain label kemasan minuman jamu Bregas ready to drink sesuai keinginan konsumen. Kemudian analisa dari kuesioner Semantic Differential I didapat enam pasang kata kansei yang mewakili gambaran yang tepat terhadap label produk. Hasil dari kuesioner tersebut kemudian dijadikan patokan untuk membuat 14 desain yang berikutnya diambil peringkat sesuai kesukaan konsumen untuk digunakan untuk pengolahan Distribusi Mean pada setiap desain yang selanjutnya dilakukan pengujian MANOVA dalam menunjang hasil distribusi mean dan mendapatkan hasil desain label kemasan minuman jamu Bregas ready to drink yang menjadi pilihan konsumen dan didapatlah dua desain pilihan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Taufiq Aji, M.T.
Uncontrolled Keywords: Kansei, Kansei Engineering, desain, label, kemasan, jamu, beverage, Semantic Differential
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Mar 2017 14:48
Last Modified: 02 Mar 2017 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24317

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum