USLUB AL JINAS FI NAZM AL WARAQAT LI AL SHAYKH SHARIFUDDIN YAHYA AL 'IMRITIY (DIRASAH TAHLILIYYAH BADI'IYYAH)

RADHITA ACHMAD SYUDRA, NIM. 12110005 (2017) USLUB AL JINAS FI NAZM AL WARAQAT LI AL SHAYKH SHARIFUDDIN YAHYA AL 'IMRITIY (DIRASAH TAHLILIYYAH BADI'IYYAH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (USLUB AL JINAS FI NAZM AL WARAQAT LI AL SHAYKH SHARIFUDDIN YAHYA AL 'IMRITIY (DIRASAH TAHLILIYYAH BADI'IYYAH))
12110005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (USLUB AL JINAS FI NAZM AL WARAQAT LI AL SHAYKH SHARIFUDDIN YAHYA AL 'IMRITIY (DIRASAH TAHLILIYYAH BADI'IYYAH))
12110005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nazham Al-Waraqat karya Syeikh Syarofuddin Yahya al-‘Imrithy adalah sebuah ringkasan dari kitab al-Waraqat karya Al-Juwaini Imam Haramain. Nazham tersebut terdiri dari 211 bait yang merupakan kitab tentang kajian ushul fiqh madzhab Imam Syafi’i. Di dalamnya banyak menjelaskan tentang hukum Islam baik itu dari pengertian sampai metode pengambilan hukum dalam Islam. Di dalam nazham tersebut terdapat beberapa bait yang memiliki lafadz yang serupa dalam penulisan, akan tetapi makna dari keduanya berbeda, sehingga peneliti tertarik untuk menelitinya. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: - Apa saja macam-macam uslub al-Jinas yang terdapat pada Nazham Al-Waraqat karya Syeikh Syarofuddin Yahya al-‘Imrithy? - Bagaimana sisi keindahan lafadz yang mengandung uslub al-Jinas pada Nazham Al-Waraqat karya Syeikh Syarofuddin Yahya al- ‘Imrithy? Untuk menganalisis lafadz-lafadz yang terdapat dalam nazham tersebut dibutuhkan sebuah teori yaitu ilmu badi’, khususnya pada kajian Muhassinat Lafdziyyah yang memfokuskan pembahasannya pada Uslub al-Jinas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam Nazham Al- Waraqat karya Syeikh Syarofuddin Yahya al-Imrithy terdapat 13 Jinas Lahiq, 7 Jinas Isytiqoq, 3 Jinas Muharrof, 1 Jinas Naqis dan 5 Jinas Ghoiru Tam, dengan keindahan lafadz sebagai berikut: kesamaan pada pelafalannya, jumlah hurufnya, susunan hurufnya, harokat atau syakalnya, dan jenis hurufnya. Kata kunci: Syeikh Syarofuddin Yahya, Al-Waraqat, ilmu badi’.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Moh. Habib, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Syeikh Syarofuddin Yahya, Al-Waraqat, ilmu badi’.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Mar 2017 09:20
Last Modified: 27 Mar 2017 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum