PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PESANTREN MODERN (STUDI TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN MODERN DARUL HIJRAH PUTRI BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN)

KHALILURRAHMAN, NIM. 1220411195 (2016) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PESANTREN MODERN (STUDI TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN MODERN DARUL HIJRAH PUTRI BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PESANTREN MODERN (STUDI TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN MODERN DARUL HIJRAH PUTRI BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN))
1220411195_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PESANTREN MODERN (STUDI TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN MODERN DARUL HIJRAH PUTRI BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN))
1220411195_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya keragamana etnis, suku, ras, agama dan budaya. Satu sisi menjadi kekuatan sosial, tetapi di sisi lain keragaman tersebut menjadi penyulut konflik dan kekerasan antar masyarakat, seperti peristiwa Ambon, Poso dan Aceh. Adanya kondisi tersebut menjadi sangat penting diskursus dan implementasi multikultural. Pendidikan multikultural juga didasarkan pada keadilan sosial dan persamaan hak dalam pendidikan. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang menyelenggarakan berbagai satuan pendidikan baik dalam bentul sekolah maupun madrasah juga seyogyanya menjadikan prinsip pengembangan kurikulum yang bermuatan nilai-nilai multikultural tersebut dalam kegiatan perencanaan, implementasi, dan evaluasi kurikulumnya. Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya, yaitu mengetahui pengembangan kurikulum pendidikan multikultural, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Darul Hijrah Putri Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang datanya diperoleh melalui penelitian lapangan, observasi dan dokumentasi. Penelitian lapangan mengambil tempat penelitian di Pondok Pesantren Modern Darul Hijrah, Banjarmasin yang dilaksanakan bulan Januari 2015. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penulis menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif analisis, yaitu teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan dari paparan yang ada kemudian dianalisis untuk menemukan karakteristik pesan yang dilakukan secara sistematis dan obyektif. Dari Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: pertama, perencanaan pengembangan kurikulum pendidikan multikultural di Pesantren Modern Darul Hijrah Puteri Banjarmasin, dilakukan dengan rapat koordinasi berbagai pihak, seperti yayasan, kepala sekolah, guru dan bagian kurikulum. acuan yang digunakan dalam perencanaan kurikulum menggabungkan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren.. Kedua, pelaksanaan pengembangan kurikulum pendidikan multikultural dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran formal dan non-formal. Pembelajaran formal dilaksanakan dalam bentuk kajian akademis yang dijadikan kurikulum kompetensi, yaitu kompetensi hafidz dan baca al- Qur’an dan kompetensi kurikulum bahasa (Arab dan Inggris). Sedangkan nonformal dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler, yaitu muhadharah dan pramuka. Ketiga, evaluasi pengembangan kurikulum pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Darul Hijrah Puteri Banjarmasin, dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) dengan tes formatif, subsumatif dan sumatif. Keberhasilan dari sebuah pelaksanaan kurikulum pendidikan multikultural dlakukan dengan prestasi akademik dan skoring penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ro’fah, MA., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pendidikan multikuluran,pesantren modern, Darul Hijarah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Mar 2017 13:54
Last Modified: 03 Mar 2017 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24345

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum