ORGANISASI PENGAJIAN ANAK-ANAK KECAMATAN MOYUDAN (PAKM) TAHUN 1987-2003 (KAJIAN TENTANG SEJARAH PERKEMBANGAN)

MUCHROM WIKANDONO, NIM. 12120036 (2017) ORGANISASI PENGAJIAN ANAK-ANAK KECAMATAN MOYUDAN (PAKM) TAHUN 1987-2003 (KAJIAN TENTANG SEJARAH PERKEMBANGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ORGANISASI PENGAJIAN ANAK-ANAK KECAMATAN MOYUDAN (PAKM) TAHUN 1987-2003 (KAJIAN TENTANG SEJARAH PERKEMBANGAN))
12120036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ORGANISASI PENGAJIAN ANAK-ANAK KECAMATAN MOYUDAN (PAKM) TAHUN 1987-2003 (KAJIAN TENTANG SEJARAH PERKEMBANGAN))
12120036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang sejarah dan perkembangan organisasi gerakan sosial keagamaan di wilayah Kecamatan Moyudan Sleman DIY yang bernama Organisasi Pengajian Anak-anak Kecamatan Moyudan (PAKM) dari tahun 1987-2003. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan fungsional. Teori yang digunakan adalah teori fungsi. Skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah. Meliputi pengumpulan data (heuristik), verifikasi data, interpretasi data dan penulisan (historiografi). Organisasi Pengajian Anak-anak Kecamatan Moyudan merupakan salah satu organisasi sosial keagamaan yang ada di wilayah Kecamatan Moyudan. Organisasi ini bergelut dalam pengembangan dan pembinaan anak usia dini. sebagai organisasi sosial keagamaan PAKM bekerja secara mandiri dan ikhlas tanpa menerima imbalan sepeserpun dari siapapun. Organisasi ini menginginkan generasi Islam yang dapat dibanggakan dan berprestasi. PAKM memiliki sejarah yang cukup panjang. Terbentuknya organisasi ini di mulai dengan pengajian dwi jamaah, pengajian panca jamaah, dan pengajian anak-anak dasa jamaah, FOSIPPA, PPAKM hingga PAKM. Secara substansial organisasi ini tidak merubah ranah geraknya, yaitu tetap bergerak dalam pembinaan dan pendidikan agama anak-anak uisa dini. Kegiatan-kegiatan PAKM sangat berdampak pada diri santri dan masyarakat Moyudan secara umum. Perubahan dan perkembangan santri dalam hal keagamaan berupa pemahaman dan pengetahuan mengenai tauhid, agama islam dan muamalah dirasakan oleh para santri. Adapun dalam bidang sosial PAKM sangat menjunjung tinggi keadilan, kegotongroyongan dan kemakmuran warga masyartakat Kecamatan Moyudan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fatiyah. S.Hum., MA
Uncontrolled Keywords: Organisasi, Pengajian anak-anak, Kecamatan Moyudan.
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Mar 2017 09:42
Last Modified: 10 Mar 2017 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24422

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum