BIMBINGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJALIN RELASI PERTEMANAN SISWA KELAS VIII 2015/2016 SMP NEGERI2 LENDAH, KULON PROGO, D.I YOGYAKARTA

ANISA ARUM MAWATI, NIM. 13220064 (2017) BIMBINGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJALIN RELASI PERTEMANAN SISWA KELAS VIII 2015/2016 SMP NEGERI2 LENDAH, KULON PROGO, D.I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJALIN RELASI PERTEMANAN SISWA KELAS VIII 2015/2016 SMP NEGERI2 LENDAH, KULON PROGO, D.I YOGYAKARTA)
13220064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJALIN RELASI PERTEMANAN SISWA KELAS VIII 2015/2016 SMP NEGERI2 LENDAH, KULON PROGO, D.I YOGYAKARTA)
13220064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)

Abstract

Anisa Arum Mawati, Bimbingan Sosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lendah, Kulonprogo, D.I Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tahapan pelaksanaan bimbingan sosial dalam meningkatkan kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa di SMP Negeri 2 Lendah, Kulonprogo, D.I Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru BK, guru pengampu BK siswa kelas VIII, dan 5 siswa yang memiliki masalah dalam meningkatkan kemampuan menjalin relasi pertemanan. Objek penelitian ini adalah tahapan pelaksanaan bimbingan sosial dalam meningkatkan kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa di SMP Negeri 2 Lendah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan deskriptif kualitatif. Alasan penelitian ini ialah fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 yang kebanyakan siswa-siswa di sekolah itu berkelompok-kelompok (bukan termasuk geng), dan kelompok-kelompok pertemanan itu kebanyakan tidak berubah dari awal masuk sekolah hingga mereka lulus/keluar dari sekolah itu, sehingga siswa yang terbiasa hanya berkumpul dengan kelompok yang dimilikinya, dia cenderung susah berteman dengan siswa lain yang bukan termasuk kelompoknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan pelaksanaan bimbingan sosial dalam meningkatkan kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa di SMP Negeri 2 Lendah dilakasanakan dengan 4 (empat) tahapan, yaitu 1) Persiapan meliputi menentukan personil, assesmen (dengan sosiometri) 2) Pelaksanaan, meliputi penerapan metode, jadwal, Implementasi program 3) Evaluasi hasil pelaksanaan dan 4) Tindak lanjut hasil pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Sosial, Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Mar 2017 10:20
Last Modified: 10 Mar 2017 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24435

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum