STRATEGI PEMASARAN PADA BMT BINA IHSANUL FIKRI (BIF) GEDONGKUNING YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

NURUL KHASANAH, NIM. 11240009 (2017) STRATEGI PEMASARAN PADA BMT BINA IHSANUL FIKRI (BIF) GEDONGKUNING YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN PADA BMT BINA IHSANUL FIKRI (BIF) GEDONGKUNING YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM)
11240009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN PADA BMT BINA IHSANUL FIKRI (BIF) GEDONGKUNING YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM)
11240009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nurul Khasanah (11240009), Strategi Pemasaran pada BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) Gedongkuning Yogyakarta dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Bisnis merupakan serangkaian peristiwa yang melibatkan pelaku bisnis, Hal pokok yang membedakan antara bisnis Islami dan non Islami adalah pada kriteria halal dan haram. Terkait dengan pemasaran bisnis dalam persaingan yang semakin kompetitif, maka lembaga keuangan mikro syariah tidak lepas dari etika bisnis. Etika bisnis dipahami sebagai seperangkat prinsip moral yang benar, maka etika diperlukan dalam bisnis yang professional. Pelayanan yang menyenangkan diharapkan menarik respon positif pelanggan sehingga pelanggan akan memberikan kepercayaannya kepada lembaga keuangan yang bersangkutan. BMT merupakan lembaga keuangan alternative bagi masyarakat ekonomi kebawah dan menengah yang sedikit dijangkau oleh Bank. Eksistensi BMT yang berdasarkan system syariah ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas ekonominya. Untuk menjaga eksistensinya BMT harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu untuk mengetahui implementasi etika bisnis Islam dalam aktivitas pemasaran produk BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF). Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif. Data primer adalah data yang diperoleh dari Manajer dan bagian pemasaran BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF). Data sekunder adalah buku-buku referensi yang akan melengkapi dokumentasi yang telah ada. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diuji keabsahannya dengan metode triangulasi. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan oleh penulis, maka penulis menyimpulkan bahwa BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) sebagai lembaga keuangan berasaskan prinsip syariah menerapkan strategi jemput bola, marketing mix yang sesuai dengan etika bisnis Islam. Serta implementasi pemasaran produk BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) sesuai dengan syariat Islam yaitu penerapan prinsip-prinsip dasar manajemen pemasaran seperti aspek jujur (transparan), amanah, tidak menipu, menepati janji, murah hati, dan tidak melupakan akhirat. Menerapkan pelayanan yang professional dan secara kekeluargaan. Selain itu BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) juga menerapkan sistem bagi hasil yang sebagai upaya menghindari bunga atau riba yang dilarang oleh Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, BMT, Etika Bisnis Islam
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Mar 2017 10:28
Last Modified: 10 Mar 2017 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24441

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum