BENTUK, FAKTOR PENYEBAB DAN METODE KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESI NONVERBALSISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR 1 SMK DIPONEGORO DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

SRI UTAMI, NIM. 12220037 (2017) BENTUK, FAKTOR PENYEBAB DAN METODE KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESI NONVERBALSISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR 1 SMK DIPONEGORO DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BENTUK, FAKTOR PENYEBAB DAN METODE KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESI NONVERBALSISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR 1 SMK DIPONEGORO DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
12220037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BENTUK, FAKTOR PENYEBAB DAN METODE KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESI NONVERBALSISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR 1 SMK DIPONEGORO DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
12220037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (983kB)

Abstract

Remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada masa ini remaja mengalami perkembangan mencapai kematangan fisik, mental, sosial, dan emosional. Ketidakseimbangan emosional dan ketidakstabilan dalam berbagai hal terdapat pada masa ini. Karena ketidaknyamanan emosional pada remaja, maka tidak sedikit remaja bereaksi secara defensif seperti yang tampak pada tingkah laku yang tidak sesuai seperti agresi. Perilaku agresi nonverbal adalah perilaku menyakiti orang lain melalui tindakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan bentuk perilaku agresi nonverbal, faktor penyebab perilaku agresi nonverbal dan metode konseling individu yang digunakan guru Bimbingan dan Konseling untuk menangani perilaku agresi nonverbal siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor 1 SMK Diponegoro Depok, Sleman, Yogyakarta. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah 2 Guru Bimbingan dan Konseling, 4 siswa kelas XI TSM 1 dan 1 wali kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk perilaku agresi nonverbal yang dilakukan siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor 1 Tahun Ajaran 2016/2017 SMK Diponegoro, Depok Sleman, Yogyakarta yaitu: Agresi fisik aktif langsung, meliputi menendang, mendorong, menampar, memukul, mencubit, menonjok; Agresi fisik aktif tidak langsung, meliputi meminjam pulpen tanpa izin, merusak buku teman; dan Agresi fisik pasif tidak langsung, meliputi pura-pura tidak melihat ketika berpapasan dengan teman yang tidak disukai, menghindar dari teman yang tidak disukai, tidak menjawab ketika teman memanggil, keluar kelas. Faktor penyebab perilaku agresi nonverbal yaitu perbedaan latar belakang (asal) dan cara berpikir, lingkungan kelompok sebaya dan amarah. Sedangkan metode konseling individu yang digunakan adalah metode konseling eklektif yang Islami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas, M.Ag NIP. 19710413 199803 1 006
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Perilaku Agresi Nonverbal
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Mar 2017 13:18
Last Modified: 10 Mar 2017 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum