PROSES PENGEMBANGAN TABEL PERIODIK UNSUR (TPU) BRAILLE UNTUK SISWA DIFABEL NETRA

Wardhani, Nurma Setya and Suprihatiningrum, Jamil (2015) PROSES PENGEMBANGAN TABEL PERIODIK UNSUR (TPU) BRAILLE UNTUK SISWA DIFABEL NETRA. INKLUSI Journal of Disability Studies, Vol.2 (No.1). pp. 1-30. ISSN 2355-8954

[img]
Preview
Text (PROSES PENGEMBANGAN TABEL PERIODIK UNSUR (TPU) BRAILLE UNTUK SISWA DIFABEL NETRA)
Nurma Setya Wardhani - PROSES PENGEMBANGAN TABEL PERIODIK UNSUR (TPU) BRAILLE UNTUK SISWA DIFABEL NETRA.pdf - Published Version

Download (981kB) | Preview

Abstract

Salah satu materi pembelajaran kimia yang termasuk sulit diajarkan kepada siswa difabel netra adalah materi Sistem Periodik Unsur (SPU). Guru menyampaikan materi SPU kepada siswa difabel netra dengan metode ceramah. Guru memperkenalkan berbagai unsur dalam susunan periodik dengan bercerita dan sesekali memberikan gambaran dengan rabaan pada tangan atau punggung. Oleh karena itu, siswa difabel netra hanya mengandalkan ingatan dalam mempelajari materi tersebut. Pengembangan TPU Braille untuk siswa difabel netra ini diharapkan dapat menjadi media bagi siswa difabel netra untuk belajar kimia dan dapat memenuhi kebutuhan siswa difabel netra akan media dan alat bantu. Pengembangan TPU Braille untuk siswa difabel netra memenuhi media yang assestive bagi siswa difabel netra yang bersifat taktual. Siswa difabel netra dapat belajar dengan pengalaman mereka sendiri dan tidak merasa diperlakukan berbeda diantara yang lain sehingga motivasi dalam belajar kimia siswa difabel netra dapat tumbuh meskipun dengan keterbatasan yang dimiliki.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tabel Periodik Unsur, Difabel
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Divisions: Jurnal > 15. Inklusi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Mar 2017 13:31
Last Modified: 22 Mar 2017 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24471

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum