MANAJEMEN MASJID PATHOK NEGARA PLOSOKUNING MINOMARTANI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2015-2016 (STUDI TENTANG PENERAPAN FUNGSI PERENCANAAN DAN FUNGSI PENGAWASAN)

JA’A ALPAHLEVI, NIM. 12240012 (2017) MANAJEMEN MASJID PATHOK NEGARA PLOSOKUNING MINOMARTANI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2015-2016 (STUDI TENTANG PENERAPAN FUNGSI PERENCANAAN DAN FUNGSI PENGAWASAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN MASJID PATHOK NEGARA PLOSOKUNING MINOMARTANI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2015-2016 (STUDI TENTANG PENERAPAN FUNGSI PERENCANAAN DAN FUNGSI PENGAWASAN))
12240012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (27MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN MASJID PATHOK NEGARA PLOSOKUNING MINOMARTANI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2015-2016 (STUDI TENTANG PENERAPAN FUNGSI PERENCANAAN DAN FUNGSI PENGAWASAN))
12240012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)

Abstract

Ja’a Al-pahlevi (12240012), "Manajemen Masjid Pathok Negara Plosokuning Minomartani Ngaglik Sleman Yogyakarta" (Studi Tentang Penerapan fungsi Perencanaan dan Fungsi Pengawasan) Tahun 2015-2016. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Masjid Pathok Negara Plosokuning Minomartani Ngaglik Sleman Yogyakarta dijadikan sebagai lokasi penelitian oleh peneliti sebab masjid ini merupakan salah satu dari empat masjid pathok negara milik Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dalam pengelolaan program kegiatannya diserahkan langsung kepada masyarakat sekitar. Meskipun demikian program kegiatan di Masjid Pathok Negara Plosokuning telah dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat kita ketahui dari program kegiatan yang berjalan dan selalu mewarnai kehidupan masjid. Tentu semua itu tidak terlepas dari penerapan manajemen masjid yang ada. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan dan menguraikan data secara sistematik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu Abdi Dalem Kawadenan Pengulon, Pembina, Pengurus Masjid dan Jamaah. Sedangkan data sekunder bersumber dari dokumen masjid dan buku-buku penunjang. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Media yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan handphone dan buku catatan. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode. Fokus dalam penelitian ini adalah mengenai manajemen program kegiatan masjid yang terfokus pada penerapan fungsi perencanaan dan fungsi pengawasan di Masjid Pathok Negara Plosokuning Minomartani Ngaglik Sleman Yogyakarta. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif, dengan berpikir secara induktif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menjabarkannya sehingga hasil penelitian sesuai keadaan yang terjadi sesungguhnya di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa di Masjid Pathok Negara Plosokuning Minomartani Ngaglik Sleman Yogyakarta dalam penerapan fungsi perencanaan dilakukan dengan penyusunan program kegiatan mingguan, bulanan dan tahunan yang terjadwalkan mencakup bentuk kegiatan, waktu, maupun ustadz dengan berpedoman pada tujuan dan tradisi yang ada, serta dilakukan penyusunan anggaran dalam setiap kegiatan yang akan dilaksanakan. Penerapan fungsi pengawasan dilakukan secara internal maupun eksternal baik dari abdi dalem kraton, pembina, pengurus masjid, maupun jamaah yang turut mengawasi langsung setiap program kegiatan masjid yang dilaksanakan, serta laporan hasil rekapitulasi penggunaan anggaran dana masjid diumumkan melalui papan pengumuman yang ada di masjid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Maryono, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Masjid, Fungsi Perencanaan dan Fungsi Pengawasan.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Mar 2017 11:47
Last Modified: 13 Mar 2017 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum