MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BANK MADINA SYARIAH BANTUL, YOGYAKARTA

UMI ALFIYAH, NIM. 12240076 (2017) MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BANK MADINA SYARIAH BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BANK MADINA SYARIAH BANTUL, YOGYAKARTA)
12240076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BANK MADINA SYARIAH BANTUL, YOGYAKARTA)
12240076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)

Abstract

Umi Alfiyah, NIM 12240076, 2017. Manajemen Risiko Pembiayaan Murabahah dan Pembiayaan Musyarakah di Bank Madina Syariah Bantul, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Risiko pada perbankan sangatlah kompleks sehingga bank syariah tidak dapat menghindari risiko. Dalam mengelola risiko bank harus menerapkan kebijakan manajemen risiko yang baik sehingga risiko dapat diidentifikasi, diukur, dipantau dan di kendalikan , serta perlunya perhatian dalam implementasi manajemen risiko agar sesuai dengan prosedur dan kebijakan yang berlaku sehingga manajemen risiko yang sudah ditetapkan menjadi hal yang dapat meminimalisir risiko. Bank Madina Syariah Bantul, Yogyakarta suatu lembaga keuangan yang menjalankan bisnis dengan prinsip syariah. Bank Madina Syariah sangat memperhatikan risiko yang ada, sehingga dalam menjalankan operasionalnya selalu sesuai dengan kebijakan manajemen risiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen risiko pada pembiayaan murabahah dan musyarakah di Bank Madina Syariah Bantul, Yogyakart. Metode penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menguraikan data-data yang terkumpul dari lembaga melaluin teknik wawancara, observasi dan dokumentasi perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam skripsi ini, manajemen risiko di Bank Madina Syariah terkait dengan risiko pembiayaan, risiko pasar, dan risiko operasional sudah diimplementasikan dengan baik. Implementasi pada risiko pembiayaan meliputi study kelayakan nasabah, penentuan tingkat kolektabilitas dengan mencadangkan dana kerugian, pemantauan nasabah secara intensif, serta pengendalian dengan menerapkan prosedur pencegahan dan penyelesaian pembiayaan bermasalah. Sedangkan pada risiko pasar meliputi identifikasi risiko yang berpengaruh terhadap mark-up serta prosedur pencegahan nasabah yang dapat membatalkan transaksi, pengukuran dilakukan untuk menentukan keuntungan, menganalisa laporan keuangan, menetapkan kebijakan. Pada risiko operasional bank melakukan menganalisisi faktor penyebab timbulnya risiko, pengukuran terhadap risiko operasional terkait SDM, pemantauan melalui KPI (Key Performance Indicator), penetapan kebijakan serta peningkatan kualitas SDM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko Pembiayaan Murabahah, Manajemen Pembiayaan Musyarakah, Bank Madina Syarih Bantul, Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Mar 2017 14:08
Last Modified: 13 Mar 2017 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24482

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum