IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI BARAN, PATUK, GUNUNGKIDUL

MUHAMMAD SALIM, SPDI, NIM. 1220411154 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI BARAN, PATUK, GUNUNGKIDUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI BARAN, PATUK, GUNUNGKIDUL)
1220411154_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI BARAN, PATUK, GUNUNGKIDUL)
1220411154_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Salim, S.Pd.I, 12220411154, Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri Baran, Patuk, Gunungkidul, Tesis Magister, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang digunakan di dalam Kurikulum 2013 dengan langkah-langkah pembelajaran mengamati (observing), menanya (questioning), mengumpulkan informasi/mencoba (experimenting), menalar/mengasosiasi (associating), mengomunikasikan (communicating). Pendekatan saintifik dipandang sesuai dengan teori-teori belajar modern yang berkembang saat ini, yaitu Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme, dan Humanisme. Peneletian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana perencanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Negeri Baran, Patuk, Gunungkidul, 2) mengetahui bagaimana pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajarn Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti , dan 3) mengetahui bagaimana daya dukung sekolah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif –deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru PAI sebagai implementator, Kepala Sekolah, dan Pustakawan sebagai pihak-pihak yang terkait dalam implementasi pendekatan saintifik. Metode penelitian ini menggunakan observasi langsung, wawancara, dan telaah dokumen. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan tahapan Data Reduction (Reduksi data), Data Display (Penyajian data), dan Conclusion Drawing/verification (Penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek perencanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang diwujudkan dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam kategori baik sesuai dengan prinsip-prinsip dan langkahlangkah pembuatan RPP. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam kategori cukup, perlu peningkatan pemahaman pada kegiatan inti pembelajaran dengan pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, mengomunikasikan. Pada aspek daya dukung berupa sarana prasarana secara umum telah baik, namun buku penunjang perpustakaan perlu diperbanyak, sedangkan peralatan yang berhubungan dengan teknologi informasi perlu dilengkapi. Pihak terkait dalam hal ini guru PAI, kepala sekolah, maupun pustakawan sudah berkontribusi dengan baik, namun bisa ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendekatan saintifik, Pembelajaran PAI, Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, Daya dukung pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Mar 2017 09:53
Last Modified: 15 Mar 2017 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24524

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum