BIMBINGAN KARIR TERHADAP TUNAGRAHITA OLEH RUMAH KASIH SAYANG DI DESA KREBET KECAMATAN JAMBON KABUPATEN PONOROGO

SEPTI KHOIRUL FADILAH, NIM. 13220038 (2017) BIMBINGAN KARIR TERHADAP TUNAGRAHITA OLEH RUMAH KASIH SAYANG DI DESA KREBET KECAMATAN JAMBON KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KARIR TERHADAP TUNAGRAHITA OLEH RUMAH KASIH SAYANG DI DESA KREBET KECAMATAN JAMBON KABUPATEN PONOROGO)
13220038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KARIR TERHADAP TUNAGRAHITA OLEH RUMAH KASIH SAYANG DI DESA KREBET KECAMATAN JAMBON KABUPATEN PONOROGO)
13220038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (572kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan sebelah mata bagi penyandang tunagrahita. Banyak orang yang menganggap bahwa penyandang tunagrahita tidak bisa apa-apa. Hidupnya akan selalu bergantung kepada orang lain. Namun dengan adanya Rumah Kasih Sayang, penyandang tunagrahita mulai dianggap ada oleh masyarakat sekitar. Karena di Rumah Kasih Sayang para penyandang tunagrahita mendapatkan bimbingan karir yang bertujuan untuk menjadikan penyandang tunagrahita dapat hidup lebih mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk bimbingan karir di Rumah Kasih Sayang Desa Krebet Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bimbingan karir terhadap penyandang tunagrahita oleh Rumah Kasih Sayang Desa Krebet Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo ada dua bentuk bimbingan karir , yaitu bentuk bimbingan karir individu dan kelompok. Bentuk bimbingan karir individu berupa pelatihan membuat keset dan gantungan kunci kepada penyandang tunagrahita Rumah Kasih Sayang. Sedangkan bentuk bimbingan karir kelompok berupa pelatihan keterampilan kepada pekerja sosial atau kader Rumah Kasih Sayang Desa Krebet Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo, dan dilanjutkan keterampilan kepada penyandang tunagrahita yang berupa keterampilan kemoceng dari tali rafia, budidaya lele, dan budidaya kroto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abror Sodik, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir, Tunagrahita.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Mar 2017 09:10
Last Modified: 15 Mar 2017 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24559

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum