SINERGITAS HARD SKILLS, SOFT SKILLS, DAN LIFE SKILLS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TAMAN DEWASA 01 DLINGO BANTUL

ANDAR STYAWAN, NIM. 1320411029 (2017) SINERGITAS HARD SKILLS, SOFT SKILLS, DAN LIFE SKILLS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TAMAN DEWASA 01 DLINGO BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SINERGITAS HARD SKILLS, SOFT SKILLS, DAN LIFE SKILLS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TAMAN DEWASA 01 DLINGO BANTUL)
1320411029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (898kB) | Preview
[img] Text (SINERGITAS HARD SKILLS, SOFT SKILLS, DAN LIFE SKILLS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TAMAN DEWASA 01 DLINGO BANTUL)
1320411029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses pengajaran Pendidikan Agama Islam hendaklah guru menyampaikannya tidak sekedar transfer of knowledge, tetapi juga harus disertai dengan penanaman nilai (transfer of value). Namun pada kenyataannya masih banyak guru Pendidikan Agama Islam yang dalam mengajar hanya menitik beratkan pada aspek pengembangan hard skills saja dan mengenyampingkan aspek soft skills maupun life skills peserta didik. Kurangnya keseriusan guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan pendidikan soft skills dan life skills mengakibatkan pada hasil lulusan hanya pandai dalam hal menghafal pelajaran (hard skills) tetapi sedikit memiliki ketrampilan dalam hal mengelola diri dan orang lain (soft skills), lebih-lebih ketrampilan dalam menyelesaikan problema kehidupan (life skills). Bahkan dalam beberapa penelitian membuktikan bahwa kecerdasan kognitif (hard skills) bukanlah sebagai penentu utama keberhasilan dari peserta didik, tetapi untuk dapat berhasil juga harus didukung dengan soft skills yang kuat dan juga life skills yang handal. Dengan berbekal kemampuan menyinergikan hard skills, soft skills, dan life skills secara baik, pada akhirnya peserta didik akan mampu mengatasi berbagai permasalahan dalam kehidupannya. Atas dasar itulah, sehingga penulis berkeinginan untuk meneliti tentang model sinergitas hard skills, soft skills, dan life skills dalam pembelajaran PAI di SMP Taman Dewasa 01 Dlingo Bantul. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep dasar dari implementasi model sinergitas hard skills, soft skills, dan life skills ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Taman Dewasa 01 Dlingo dikembangkan dengan mengintegrasikan konsep tersebut ke dalam kurikulum sekolah sampai pada pengembangan ke seluruh perangkat pembelajaran guru. Adapun teknik perwujudannya dilakukan dengan mendesain perencanaan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mengintegrasikan aspek hard skills, soft skills, dan life skills ke dalam bentuk program tahunan, program semester, pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan mengunakan berbagai strategi dan metode yang dianggap sesuai. Sedangkan hasil dari implementasi model sinergitas hard skills, soft skills, dan life skills ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Taman Dewasa 01 Dlingo memberikan dampak positif terhadap unsur sekolah maupun luar sekolah. Harapannya dengan dukungan dari berbagai pihak, konsep tersebut dapat disempurnakan dan dikembangkan yang lebih baik lagi sehingga bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Mar 2017 09:56
Last Modified: 15 Mar 2017 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24566

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum