IMPLEMENTASI KEGIATAN BERBAHASA ARAB SISWA SMP ISLAM TERPADU (IT) MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUNPELAJARAN 2016/2017 (TINJAUAN INTERAKSIONISME SIMBOLIK HERBERT BLUMMER)

ARIEF DWI SAPUTRA, NIM. 1420410136 (2017) IMPLEMENTASI KEGIATAN BERBAHASA ARAB SISWA SMP ISLAM TERPADU (IT) MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUNPELAJARAN 2016/2017 (TINJAUAN INTERAKSIONISME SIMBOLIK HERBERT BLUMMER). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEGIATAN BERBAHASA ARAB SISWA SMP ISLAM TERPADU (IT) MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUNPELAJARAN 2016/2017 (TINJAUAN INTERAKSIONISME SIMBOLIK HERBERT BLUMMER))
1420410136_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEGIATAN BERBAHASA ARAB SISWA SMP ISLAM TERPADU (IT) MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUNPELAJARAN 2016/2017 (TINJAUAN INTERAKSIONISME SIMBOLIK HERBERT BLUMMER))
1420410136_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan bagian dari pembelajaran bahasa asing serta pentingnya untuk mempelajari dan mempraktikkannya secara masif, maka dibutuhkannya sebuah kegiatan berbahasa Arab yang sanggup memfasilitasi seluruh pembelajaran dalam mempraktikkan bahasa Arab tersebut baik lisan maupun tulisan secara baik dan benar. Maka, dengan ini penulis tertarik melakukan penelitian mengenai implementasi kegiatan berbahasa Arab siswa SMP IT Masjid Syuhada‟ Yogyakarta dengan rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimanakah kegiatan berbahasa Arab bagi siswa SMP IT Masjid Syuhada Tahun Ajaran 2016 – 2017; 2) Bagaimanakah bentuk peran serta siswa dan pembimbing dalam kegiatan berbahasa Arab di lingkungan SMP IT Masjid Syuhada Tahun Ajaran 2016 – 2017; 3) Bagaimanakah implementasi kegiatan berbahasa arab di SMP IT Masjid Syuhada Menurut teori interaksionisme simbolik Herbert Blumer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan data dari lapangan. data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari proses wawancara dengan responden. Kedua, data sekunder yaitu data yang sudah dikumpulkan dan sudah diolah oleh pihak lain dan yang diambil referensinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan berbahasa Arab di SMP IT Masjid Syuhada merupakan inisiatif sekolah untuk mewadahi bakat dan minat siswa belajar bahasa Arab, sekaligus untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bahasa Arab siswa terutama kemampuan dalam berbicara. Dalam praktiknya, kegiatan berbahasa Arab di SMP IT Masjid Syuhada‟ antara guru dan siswa sama-sama berperan. Guru terlibat langsung dalam proses bimbingan setiap pertemuan. Kegiatan ini bergantung pada peran guru dalam menjalankan program-program ekstrakurikuler berbahasa Arab. Siswa banyak mendapat pengalaman dan input mengenai bahasa Arab dan hal-hal yang berkaitan dengan wacana di sekitar bahasa Arab dari guru secara langsung. Keterlibatan masingmasing siswa dalam interaksi selama proses berlangsungnya kegiatan ekstrakurikuler berbahasa Arab menunjukkan aktor yang sadar dan reflektif, yang menyatukan objek-objek yang diketahuinya melalui proses self-indication yaitu proses komunikasi yang sedang berjalan di mana individu mengetahui sesuatu, menilainya, memberinya makna, dan memutuskan untuk bertindak berdasarkan makna itu. Makna yang diinterpretasikan siswa individu dapat berubah dari waktu ke waktu, sejalan dengan perubahan situasi yang ditemukan dalam interaksi sosial. Hal tersebut terlihat dari interpretasi siswa terhadap bahasa Arab. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa makna awal bahwa bahasa Arab bagi siswa hanya sebagai mata pelajaran biasa, berubah menjadi bahasa Arab bermakna instrumen untuk mencapai cita-cita lain yaitu membaca al-Quran, memahami Islam, melanjutkan jenjang studi dan untuk mengejar cita-cita.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Sugeng Sugiyono, M.A
Uncontrolled Keywords: Interaksionisme Simbolik, Bahasa Arab, Ekstrakurikuler
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Mar 2017 10:33
Last Modified: 15 Mar 2017 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum