MEDIA DAN ISU LGBT (STUDI KONSTRUKSI WACANA KASUS SAIFUL JAMIL PADA TABLOID CEK&RICEK EDISI 913 – 916 TAHUN 2016)

TRI ZAQIYAH UTAMI, NIM. 13210040 (2017) MEDIA DAN ISU LGBT (STUDI KONSTRUKSI WACANA KASUS SAIFUL JAMIL PADA TABLOID CEK&RICEK EDISI 913 – 916 TAHUN 2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIA DAN ISU LGBT (STUDI KONSTRUKSI WACANA KASUS SAIFUL JAMIL PADA TABLOID CEK&RICEK EDISI 913 – 916 TAHUN 2016))
13210040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MEDIA DAN ISU LGBT (STUDI KONSTRUKSI WACANA KASUS SAIFUL JAMIL PADA TABLOID CEK&RICEK EDISI 913 – 916 TAHUN 2016))
13210040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Diawal tahun 2016 pedangdut Saiful Jamil yang kini ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pelecehan seksual yang dilakukannya terhadap Dicky Syahroni, remaja laki-laki. Kasus yang menjerat Saiful Jamil berkembang disaat isu LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) tengah mencuat di masyarakat. Tabloid Cek&Ricek secara berurutan hingga empat edisi, selalu menyajikan perkembangan kasus tersebut dan menjadikannya sebagai isu utama selama dua bulan. Penelitian ini menggunakan analisis wacana model Theo Van Leeuwen, yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pemarjinalan aktor sosial (seseorang/kelompok) yang dilakukan tabloid Cek&Ricek dalam memberitakan kasus tersebut. Ada dua pusat perhatian. Pertama exclusion (eksklusi), apakah dalam teks berita ada kelompok atau aktor yang tidak dilibatkan dalam pemberitaan dan strategi wacana apa yang dipakai untuk itu. Kedua, Inclusion (inklusi), yakni bagaimana aktor yang disebut (seseorang/kelompok) dimunculkan dalam teks pemberitaan. Teknik eksklusi dibagi menjadi pasivasi, nominasilasi, dan penggantian anak kalimat. Sedangkan teknik inklusi dibagi menjadi diferensiasi – indiferensiasi, objektivasi – abstraksi, nominasi – kategorisasi, nominasi – identifikasi, determinasi – indeterminasi, asimilasi – individuallisasi, dan asosiasi – disasosiasi. Setiap media memiliki ideologi masing-masing dalam melihat suatu isu seperti halnya isu LGBT. Namun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa tabloid CekRicek dalam memberitakan kasus ini terkesan sangat berhati-hati. Terbukti dalam setiap berita yang dipublikasikan, tabloid Cek&Ricek tidak begitu terlihat memojokan/memarjinalkan salah satu pihak ataupun menonjokan isu yang terkait. Sementara, konstruksi yang terbentuk dari pemberitaan tersebut ialah Saiful Jamil dicitrakan sebagai sosok yang religius sehingga muncul spekulasi bahwa mustahil jika ia merupakan tersangka dalam kasus tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nanang Mizwar H, S.Sos., M.Si,
Uncontrolled Keywords: Media Massa, LGBT, Analisis Wacana Model Theo Van Leeuwen
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Mar 2017 14:42
Last Modified: 15 Mar 2017 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24594

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum