KEBIJAKAN DIREKTUR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

DIDIN SAPRUDIN, NIM. 1420411014 (2017) KEBIJAKAN DIREKTUR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN DIREKTUR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1420411014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN DIREKTUR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1420411014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Didin Saprudin. 2016, Kebijakan Direktur dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pembimbing : DR. H. Tasman Hamami, MA. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kebijakan pendidikan Direktur dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, dengan rumusan masalah : 1) apa saja kebijakan Direktur dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta, 2) Bagaimana proses implementasi kebijakan Direktur dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, 3) apa peran kebijakan direktur dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Madrasah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta, dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode ini dimaksudkan agar fakta-fakta yang ada di Madrasah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta dideskripsikan, sehingga diperoleh gambaran yang meyeluruh dan konteks yang aktual. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dimana Direktur sebagai informan kunci. Pengambilan data dimulai pada bulan Mei 2016 sampai dengan agustus 2016, kemudian untuk menambah data yang kurang lengkap dilakukan pengambilan data bulan september 2016 di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Proses analisis dilakukan sejak diperoleh data sampai selesainya penulisan laporan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kebijakan Direktur Madrasah Mu’allimat Muhammadiyah Yogykarta dalam meningkatkan prestasi belajar siswa ada tiga macam yaitu kebijakan umum, kebijakan khusus dan kebijakan insidental. 1) Kebijakan umum mencakup bidang-bidang manajemen pendidikan. 2) kebijakan khusus adalah kebijakan yang bertujuan mendorong, mengarahkan dan mengantarkan siswa meraih prestasi belajar baik akademik maupun non akademik dalam hal ini khusus prestasi belajar hasil Ujian Nasional, 3) Kebijakan insidental Adalah kebijakan yang diambil secara incidental terkait dengan adanya peristiwa atau fenomena baru yang harus segera dipecahkan. Adapun kebijakan khusus yang dibuat Direktur Madrasah Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah sebagai berikut : 1) Pembentukan panitia sukses UN yang bekerja memberikan pelayanan khusus kepada siswi, berupa penambahan jam belajar baik individu maupun kolektif, bimbingan psikologi, 2) mengadakan les, 3) tugas mandiri, 4) try out, 5) Motivasi spritual, 6) mengadakan bimbingan psikologi, 7) peningkatan pelayanan pembelajaran, 8) Pendanaan yang optimal, 9) peningkatan spiritual guru dan siswi, 10) mengefektifkan peran bimbingan konseling,

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: DR. H. Tasman Hamami, MA.
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Direktur/Kepala Madrasah, Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Mar 2017 14:43
Last Modified: 15 Mar 2017 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum