POLA KOMUNIKASI JURU DAKWAH MASYARAKAT SAMIN SEDULUR SIKEP MENGHADAPI RENCANA PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN DI BOMBONG BATUREJO SUKOLILO KABUPATEN PATI

MOH ROIHAN ASROFI, NIM. 12210090 (2016) POLA KOMUNIKASI JURU DAKWAH MASYARAKAT SAMIN SEDULUR SIKEP MENGHADAPI RENCANA PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN DI BOMBONG BATUREJO SUKOLILO KABUPATEN PATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA KOMUNIKASI JURU DAKWAH MASYARAKAT SAMIN SEDULUR SIKEP MENGHADAPI RENCANA PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN DI BOMBONG BATUREJO SUKOLILO KABUPATEN PATI)
12210090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POLA KOMUNIKASI JURU DAKWAH MASYARAKAT SAMIN SEDULUR SIKEP MENGHADAPI RENCANA PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN DI BOMBONG BATUREJO SUKOLILO KABUPATEN PATI)
12210090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (693kB)

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pola komunikasi juru dakwah masyarakat samin menghadapi rencana pembangunan pabrik semen di Bombong Baturejo Sukolilo Kabupaten Pati. Pola yang dibentuk dalam berkomunikasi merupakan aspek penting dalam menjalin interaksi antara sesama manusia atau kelompok dalam kehidupan sehari-hari. Juru dakwah adalah seorang yang berpengaruh dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Ia juga membutuhkan pola yang tepat untuk mencapai tujuan dakwah. Adapun tujuan dakwah disini secara umum berperan sebagai komunikator antara kedua belah pihak, masyarakat samin dan perusahaan tambang semen. Adapun tujuan juru dakwah secara umum yaitu membina masyarakat setempat agar lebih memiliki kepribadian santun sesuai dengan ajaran yang diyakini. Serta membentuk pola komunikasi masyarakat samin (sedulur sikep) dalam menghadapi rencana pembangunan pabrik semen dan dampak yang terjadi jika pertambangan dibangun diwilayah tersebut. Penelitian ini mengkaji bentuk pola juru dakwah dalam menghadapi pembangunan pabrik semen. Seiring dengan pola yang dilakukan oleh juru dakwah maka akan berpengaruh pada kehidupan masyarakat Samin dan komunikasi yang dibangun kepada pabrik semen, serta dampak yang terjadi jika penambangan batu karst sebagai bahan dasar semen tetap dilakukan dan masyarakat yang terdampak. Pola strategi tersebut nantinya akan mempengaruhi tujuan-tujuan dalam membangun berkomunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif sehingga mengumpulkan data menggunakan wawancara dan observasi. Penelitian ini berlokasi di Dukuh Bombong Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pola Komunikasi masyarakat Samin dalam berinteraksi dengan sesama masyarakat Samin dan pola komunikasi masyarakat Samin dalam berinteraksi dengan masyarakat non Samin keduanya menggunakan pola Roda. Begitu juga masyarakat Samin dalam membangun komunikasi dengan pabrik semen menggunakan Pola Roda yaitu tersentral pada satu orang, yaitu Juru dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.A.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: komunikasi juru dakwah, masyarakat samin sedulur sikep, rencana pembangunan pabrik semen
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Mar 2017 11:15
Last Modified: 16 Mar 2017 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24608

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum