CITRA ISLAMI PEREMPUAN DALAM PROGRAM HIJAB HUNT DI TRANS 7 (ANALISIS SEMIOTIK)

ISNAENI NOFIANA PUTRI, NIM. 12210069 (2017) CITRA ISLAMI PEREMPUAN DALAM PROGRAM HIJAB HUNT DI TRANS 7 (ANALISIS SEMIOTIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CITRA ISLAMI PEREMPUAN DALAM PROGRAM HIJAB HUNT DI TRANS 7 (ANALISIS SEMIOTIK))
12210069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (CITRA ISLAMI PEREMPUAN DALAM PROGRAM HIJAB HUNT DI TRANS 7 (ANALISIS SEMIOTIK))
12210069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Media massa merupakan pusat dari kajian komunikasi massa. Lahirnya media masa, merupakan salah satu kemajuan dari dunia informasi dan komunikasi. Media massa mempunyai pengaruh yang penting bagi khalayak atau masyarakat. Khalayak atau masyarakat biasanya akan menganggap penting apapun yang disiarkan oleh media. Ketika memberitakan atau menayangkan sesuatu, media seringkali menimbulkan budaya baru dikalangan masyarakat. Apalagi saat ini Indonesia semakin mencitrakan dirinya sebagai Negara industri yang modern. Media massa, secara tidak langsung memberikan dampak atau budaya baru dalam masyarakat Indonesia. Televisi menjadi salah satu media yang banyak diminati oleh masyarakat, mulai anak-anak hingga orang tua. Banyaknya acara televisi yang semakin beragam memberikan dampak positif dan negative bagi masyarakat. Salah satu program acara Hijab Hunt 2015 ini membrikan dampak positif. Acara Hijab Hunt mencoba membangun kembali citra Islami perempuan. Dengan memberikab contoh-contoh dan gambaran-gambaran untuk menjadi Muslimah yang berkepribadian Islami. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kesadaran perempuan Islam Indonesia mengenai citra Islam dalam acara Hijab Hunt, dan membangun citra Islam yang semakin memudar di zaman modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori semiotika dari Charles Sanders Peirce, dengan menggunakan pemaknaan Sign (tanda), objek dan interpretant, sesuai teori segitiga makna (triangle meaning) Peirce. Penulis menganalisis citra Islami perempuan yang dibangun dalam acara Hijab Hunt 2015. Yang petama citra Islami perempuan dalam perspektif Islam yang kedua dalam perspektif media. Citra Islami perempuan dalam perspektif Islam meliputi : taat kepada perintah Allah (sabar dan berbakti kepada orang tua), menegakkan nilai-nilai dan ajaran Islam seperti tolong menolong, memiliki akhlak yang baik, menjaga kehormatan dan pandangan (menutup aurat), motivasi, dan Muslimah yang berpendidikan. Yang kedua citra Islami perempuan dalam perspektif media meliputi : citra pigura (perempuan dalam menjaga kehormatan dan pandangan), citra pilar (Muslimah yang berpendidikan), citra pinggang (motivasi), citra peraduan tidak terdapat dalam program Hijab Hunt karena saat ini media tidak lagi memandang perempuan sebagai pemuas kebutuhan seksual dan citra pergaulan (Muslimah yang memiliki akhlak yang baik)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Akhmad Rifai, M.Phil.,
Uncontrolled Keywords: Citra Islami Perempuan, Hijab Hunt, Juri dan Finalis
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Mar 2017 09:47
Last Modified: 17 Mar 2017 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24614

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum