ANALISIS PERAN E-LEARNING TERHADAP BEBAN KERJA GURU KIMIA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

ANDIKA SETYANA, NIM. 12670023 (2017) ANALISIS PERAN E-LEARNING TERHADAP BEBAN KERJA GURU KIMIA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERAN E-LEARNING TERHADAP BEBAN KERJA GURU KIMIA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA)
12670023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERAN E-LEARNING TERHADAP BEBAN KERJA GURU KIMIA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA)
12670023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Adanya peraturan beban kerja guru dari pemerintah membuat guru harus benarbenar bisa mengatur waktu dengan baik supaya siswa bisa mendapat hasil belajar yang maksimal, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media e-learning. Maka peneliti melakukan kajian deskriptif komparasi mengenai dampak e-learning terhadap beban kerja guru terkait aktivitas kerja dalam waktu satu semester dan hasil belajar siswa yang sudah memanfaatkan e-learning serta hasil belajar siswa yang belum memanfaatkan e-learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan untuk melakukan kajian mengenai dampak e-learning terhadap aktivitas kerja guru adalah deskriptif yaitu menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, angket dan analisis dokumen. Kemudian metode yang digunakan untuk melakukan kajian mengenai hasil belajar siswa adalah kuantitatif, yaitu menggunakan uji t untuk mengkaji hasil belajar siswa melalui dokumen nilai UH siswa dari kelas yang sudah memanfaatkan e-learning dan nilai UH siswa dari kelas yang belum memanfaatkan e-learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak e-learning terhadap beban kerja guru terkait aktivitas kerja dalam satu semester adalah membantu guru memberikan referensi dan tugas kepada siswa, membantu melaksanakan UH, membantu mengoreksi hasil pekerjaan siswa yang sifatnya pilihan ganda dan membuat guru memiliki waktu untuk mengerjakan tugas lain. Hasil belajar siswa yang sudah memanfaatkan e-learning dengan hasil belajar siswa yang belum memanfaatkan elearning berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan yaitu dengan nilai sig. 0,037.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Deskriptif Kuantitatif, E-Learning, Beban Kerja Guru, Produktivitas Kerja, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Mar 2017 09:45
Last Modified: 23 Mar 2017 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum