BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM EKOLOGIS (STUDI PRAKTIK PEMBINAAN DAN LAYANAN EKOLOGI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK, SLEMAN, D.I. YOGYAKARTA)

FAUZAN ANWAR SANDIAH, SSOSI, NIM. 1420411102 (2017) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM EKOLOGIS (STUDI PRAKTIK PEMBINAAN DAN LAYANAN EKOLOGI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK, SLEMAN, D.I. YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM EKOLOGIS (STUDI PRAKTIK PEMBINAAN DAN LAYANAN EKOLOGI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK, SLEMAN, D.I. YOGYAKARTA))
1420411102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM EKOLOGIS (STUDI PRAKTIK PEMBINAAN DAN LAYANAN EKOLOGI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK, SLEMAN, D.I. YOGYAKARTA))
1420411102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bimbingan dan Konseling Ekologis (BK Ekologis) merupakan praktik pemanfaatan paradigma dan perspektif ekologi dalam proses fasilitasi peserta didik. BK Ekologis lahir dari transformasi praktik BK abad XXI, di mana perannya terhadap kerusakan ekologis sangat dibutuhkan sebagai wujud dari visi keadilan sosial, pendidikan kesetaraan dan praktik gerakan sosial pro-ekologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik pembinaan siswa dan model layanan BK Ekologis di SMP Muhammadiyah 2 Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta. Penelitian ini hendak merekonstruksi praktik pembinaan dan model layanan BK Ekologis melalui kerangka dan skema BK Ekologis yang ditawarkan oleh McMahon, Mason, Daluge-Guenther, dan Ruiz. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa praktik pembinaan BK Ekologis memiliki tiga orientasi utama, yakni; (1) orientasi keadilan sosial; (2) orientasi pendidikan karakter; (3) orientasi kesadaran ekologis. Praktik pembinaan BK Ekologis merupakan kolaborasi antara program BK Komprehensif dan program Adiwiyata. Sedangkan model layanan BK Ekologis dilakukan melalui empat komponen program, yakni; (1) pelayanan dasar; (2) pelayanan responsif; (3) perencanaan individual; (4) dukungan sistem. Model layanan BK Ekologis menggunakan konseling individu, konseling kelompok, dan pendekatan kurikulum sebagai model (role); empat domain pengembangan, yakni belajar, karir, pribadi-sosial, dan wawasan lingkungan; tujuan dengan empat misi, yakni; misi pendidikan, misi pengembangan, misi pengentasan dan misi wawasan lingkungan; terakhir, adalah isu-isu berupa etika-moral, pengembangan diri, dan isu lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maemonah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Praktik Pembinaan, Model Layanan, BK Ekologi.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Mar 2017 08:34
Last Modified: 23 Mar 2017 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24657

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum