PENGEMBANGAN POT NARI (POT PANAS SENDIRI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA

NUR AZIZAH JAMIL, NIM. 12670028 (2017) PENGEMBANGAN POT NARI (POT PANAS SENDIRI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN POT NARI (POT PANAS SENDIRI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA)
12670028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN POT NARI (POT PANAS SENDIRI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA)
12670028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kimia merupakan komponen utama alam yang berperan penting bagi kehidupan. Oleh karena itu kegiatan praktikum yang dilakukan dalam pembelajaran kimia sangat membantu untuk memahami suatu materi pelajaran kimia dan mengetahui penerapan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui karakteristik produk Pot NaRiuntuk diterapkan sebagai media pembelajaran kimia di SMA/MA.; (2) mengetahui respon pengguna Pot NaRi sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi pokok termokimia. Proses pengembangan Pot NaRimenggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D. PengembanganPot NaRi (Pot Panan Sendiri)sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada pokok materi termokimia dibimbing oleh dosen pembimbing, mendapatkan masukkan dari tiga peer reviewers, ahli media, dan ahli materi; dilakukan uji coba di laboratorium; masukkan dan respon pengguna dari lima pendidik kimia SMA/MA. Penilaian produk meliputi 8 aspek penilaian dengan 26 kriteria. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukkan respon pengguna Pot NaRi.Hasil penelitian menunjukkan (1) Pot NaRi sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi pokok termokima telah dikembangkan di laboratorium dengan mengusung konsep smart packaging yaitu dapat memanaskan makanan/minuman berdasarkan konsep reaksi eksoterm, serta pengembanganPot NaRi memanfaatkan potensi kearifan lokal yaitu dengan menggunakan bahan kapur tohor yang sumbernya banyak terdapat di D.I.Yogyakarta. Berdasarkan data uji coba di laboratorium, Pot NaRi dapat digunakan untuk percobaan kintetika kimia dan stoikiometri, selain itu Pot NaRi dapat digunakan untuk menguji kemurnian kapur tohor. Produk Pot NaRi juga dilengkapi dengan panduan penggunaan yang dapat memberikan informasi tentang Pot NaRi, (2) respon pengguna Pot NaRi yang dikembangkan sebagai media pembelajaran kimia di laboratorium berdasarkan respon lima orang pendidik kimia SMA/MA baik negeri maupun swasta adalah Sangat Baik (SB) dengan presentase skor keidealan sebesar 85,85% sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran kimia di SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: pengembangan media pembelajaran, Pot NaRi.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Mar 2017 10:42
Last Modified: 23 Mar 2017 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24678

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum