PERLINDUNGAN KONSUMEN PENUMPANG JASA ANGKUTAN UMUM MENURUT UU NO.8 TAHUN 1999 ENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI PO. SAFARI DHARMA RAYA AGEN JANTI, YOGYAKARTA)

MUHAMMAD HARIS SYUKURI, NIM. 11340048 (2017) PERLINDUNGAN KONSUMEN PENUMPANG JASA ANGKUTAN UMUM MENURUT UU NO.8 TAHUN 1999 ENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI PO. SAFARI DHARMA RAYA AGEN JANTI, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN PENUMPANG JASA ANGKUTAN UMUM MENURUT UU NO.8 TAHUN 1999 ENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI PO. SAFARI DHARMA RAYA AGEN JANTI, YOGYAKARTA))
11340048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN PENUMPANG JASA ANGKUTAN UMUM MENURUT UU NO.8 TAHUN 1999 ENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI PO. SAFARI DHARMA RAYA AGEN JANTI, YOGYAKARTA))
11340048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Setiap warga negara Republik Indonesia mempunyai hak-hak konsumen sebagai konsumen dalam transaksi jual maupun beli barang dan/atau jasa sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Hak- hak konsumen tersebut terdapat dalam Pasal 4. Penelitian ini membahas tentang perlindungan konsumen terhadap pengguna jasa bus PO. Safari Dharma Raya di Yogyakarta yang mengalami keterlambatan jadwal keberangkatan dan mogoknya bus di perjalanan yang mengakibatkan kerugian dalam bentuk imateriil bagi konsumen dan kurangnya pemberian kompensasi dan informasi yang diberikan kepada konsumen juga menjadi permasalahan bagi konsumen. Padahal pihak pelaku usaha wajib memberikan pelayanan yang menjamin kepuasan bagi konsumen. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan bahwa konsumen belum mendapatkan haknya dari pemakaian barang dan atau jasa. Yakni hak atas kenyamanan, hak atas keamanan, serta informasi yang benar dan jujur. Upaya hukum yang dapat di tempuh oleh konsumen dalam penyelesaian sengeketa konsumen yaitu penyelesaian sengketa melaui pengadilan dan penyelesaian sengketa di luar pengadilan. Penelitian ini adalah jenis penelitian (field research) yaitu melakukan wawancara langsung kepada konsumen selaku konsumen pengguna jasa angkutan umum bus PO. Safari Dharma Raya dan wawancara langsung dengan pihak PO. Safari Dharma Raya di Temanggung dan Yogyakarta yang menjadi obyek penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode Yuridis-Empiris yakni pelaksanaan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang harus dilaksanakan sesuai dengan apa yang tercantum dalam UUPK itu sendiri. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa PO. Safari Dharma Raya sebagai pelaku usaha yang memberikan jasa layanan transportasinya telah memberikan pelayanan semaksimal mungkin guna menjamin pelayanan yang mereka berikan telah memenuhi hak-hak konsumen. Namun masih ada pelayanan dari pelaku usaha yang harus di benahi. Misalnya jadwal pemberangkatan yang masih sering mengalami keterlambatan dan kurangnya pemberian informasi kepada konsumen, serta bentuk kompenasasi yang diberikan pelaku usaha yang masih perlu ditambahkan dalam keadaan yang berbeda jika bus yang di tumpangi konsumen mengalami mogok diperjalanan hingga berjam-jam lamanya. Upaya hukum yang dapat ditempuh dengan cara penumpang melapor langsung mengenai kerugiannya kepada pihak PO. Safari Dharma Raya dengan menghubungi nomor telepon yang tertera di dalam tiket maka pihak PO. Safari Dharma Raya akan merespon laporan dari konsumen dan menindak lanjutinya. Jika konsumen merasa belum puas dengan penyelesaian sengketa secara damai, maka konsumen bisa mengajukan permasalahan kerugiannya tersebut ke pengadilan tempat konsumen berdomisili.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. FAISAL LUQMAN HAKIM, SH., M. Hum 2. ISWANTORO, SH., M.H.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2017 08:54
Last Modified: 27 Mar 2017 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24743

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum