ANALISIS KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH NITIKAN YOGYAKARTA

NOERLINDA TAQWIM WANITATAMA, NIM. 12410162 (2017) ANALISIS KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH NITIKAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH NITIKAN YOGYAKARTA)
12410162_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH NITIKAN YOGYAKARTA)
12410162_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

NOERLINDA TAQWIM WANITATAMA. Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Berprestasi tentang Pendidikan Karakter dan Relevansinya dengan Pembelajaran pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini, bahwa pendidikan agama merupakan alat yang penting untuk memberikan pendidikan karakter pada peserta didik. Selain pembelajaran agama dikelas, tentu banyak faktor yang dapat membantu pembentukan karakter perpeserta didik. Salah satu faktornya adalah lingkungan sekolah yang dapat dipengaruhi oleh kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi kebijakan kepala sekolah tentang pendidikan karakter dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menekankan pada penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif, untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Kebijakan kepala sekolah tentang pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta dapat dikelompokkan kedalam empat hal, yaitu : kebijakan dalam kegiatan intrakurikuler , kegiatan pembiasaan akhlakul karimah, kegiatan ekstrakurikuler, dan hubungan kemitraan sekolah dengan masyarakat. (2) Latar belakang kebijakan terkait dengan pendidikan karakter pada kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, Pembiasaan, dan Hubungan dengan masyarakat adalah sebagai berikut : perlunya untuk menanamkan pendidikan karakter pada kegiatan pembelajaran dikelas karena pembelajaran merupakan ruh dari pendidikan. Sedangkan pada kegiatan ekstrakurikuler, kepala sekolah mempunyai cita-cita untuk dapat menanamkan pendidikan karakter peserta didik disetiap gerak-gerik peserta didik, begitu juga pada kegiatan pembiasaan. Kepala sekolah ingin peserta didik agar memiliki kebiasaan akhlakul karimah. Sedangkan pada kebijakan terkait dengan hubungan kemasyarakatan adalah agar peserta didik nantinya dapat bersosialisasi dengan baik dengan lingkungan masyarakat dimanapun peserta didik itu berada. (3) Kebijakan kepala sekolah tentang pendidikan karakter peserta didik sangat relevan dengan pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta karena kebijakan yang dibuat sangat kental dengan nilai-nilai pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai – Nilai Pendidikan Karakter, Kebijakan Kepala Sekolah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2017 13:58
Last Modified: 27 Mar 2017 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum