KOMPETENSI SOSIAL GURU AKIDAH AKHLAK DAN DAMPAK PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V MIN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2016/2017

ASYAEFUDIN ZUHRI, NIM. 12480011 (2017) KOMPETENSI SOSIAL GURU AKIDAH AKHLAK DAN DAMPAK PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V MIN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI SOSIAL GURU AKIDAH AKHLAK DAN DAMPAK PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V MIN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2016/2017)
12480011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI SOSIAL GURU AKIDAH AKHLAK DAN DAMPAK PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V MIN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2016/2017)
12480011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Asyaefudin Zuhri, Kompetensi Sosial Guru Akidah Akhlak dan Dampak Persepsi Siswa Terhadap Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas V MIN Yogyakarta 1 Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Kebijakan Pemerintah dalam pengembangan SD/MI menurut pasal 35 ayat 1 UU No. 14 Tahun 2015 membahas tentang Guru SD/MI. Pelaku pendidikan mempunyai tanggung jawab moral dan intelektual, akademis, dan mental. Pendidikan memerlukan kesediaan guru untuk mengarahkan siswa menjadi pribadi yang berpengetahuan luas dan berbudi pekerti mulia. Guru menempati posisi penting dalam pendidikan yaitu memberikan kontribusi yang tinggi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan hasil pendidikan yang berkualitas. Kompetensi sosial merupakan faktor penting yang perlu dimiliki oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pendidikan. Siswa SD/MI diharapkan mampu melakukan proses edukasi, sosialisasi dan transformasi dengan baik di lingkungan masyakarat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kompetensi sosial guru akidah akhlak di MIN Yogyakarta 1 (2) Bagaimana dampak persepsi siswa terhadap guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa kelas V di MIN Yogyakarta 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan metode Observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan analisis data yang dikembangkan Miles dan Huberman yaitu data reduction (reduksi data), data display, dan conclution drawing/verification. Uji keabsahan data menggunakan Trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Kompetensi sosial guru akidah akhlak di MIN Yogyakarta 1 sudah baik, sesuai dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007, pada kompetensi sosial yaitu pada sikap inklusif, objektif, Santun, Empatik, mampu beradaptasi dengan baik. Kedua, Dampak persepsi siswa terhadap guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter Siswa kelas V di MIN Yogyakarta 1 sudah baik, dilihat dari Sikap cinta kepada Allah, kemandirian dan tanggung jawab, kejujuran, hormat dan santun, suka tolong menolong, dan disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial, Pembentukan Karakter
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Mar 2017 08:58
Last Modified: 29 Mar 2017 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24795

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum