MANAJEMEN PROGRAM LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUL LUGHAH WADDIRASATIL ISLAMIYAH PUTRI PAMEKASAN MADURA

SITI RAYHANA, NIM. 1420410208 (2016) MANAJEMEN PROGRAM LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUL LUGHAH WADDIRASATIL ISLAMIYAH PUTRI PAMEKASAN MADURA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PROGRAM LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUL LUGHAH WADDIRASATIL ISLAMIYAH PUTRI PAMEKASAN MADURA)
1420410208_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PROGRAM LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUL LUGHAH WADDIRASATIL ISLAMIYAH PUTRI PAMEKASAN MADURA)
1420410208_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajamen program lingkungan berbahasa Arab dilihat dari pelaksanaan program-program yang diterapkan di pondok pesantren Darul Lughah Waddirasatil Islamiyah Putri Pamekasan Madura. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan subyek penelitian ini adalah seluruh santri di Pondok Pesantren Darul Lughah Waddirasatil Islamiyah Putri. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan, mengklasifikasi, menganalisis, serta mengambil keputusan yang kemudian disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program lingkungan bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Lughah Waddirasatil Islamiyah yaitu: (1) perencanaan terdapat pada program mufradat, barnamij, muhadarah, dan muhadasah dengan penetapan tujuan dari masing-masing program yang telah disesuaikan dengan penciptaan lingkungan bahasa. (2) Pengorganisasian, mekanisme yang tersetruktur terdapat pada program mufradat, barnamij, muhadarah, dan muhadasah dengan membentuk devisi tarbiyah. (3) Penggerakan dari setiap program telah terlihat maksimal, yaitu sebagai model dan member motivasi dalam penggunaan bahasa Arab. (4) Pengawasan telah dilakukan di setiap program dengan memberi saran dan reward yang dilakukan setiap akhir pelaksanaan program. Namun, dari setiap pengawasan belum ditentukan standard keberhasilan dalam pencapaian tujuan. Adapun faktor pendukung yaitu (1) dipimpin oleh mudir yang memiliki kualitas yang mumpuni, (2) memiliki tenaga pendidik yang dapat berkomunikasi secara aktif dan (3) memiliki buku ajar yang telah disesuaikan oleh santri. Sedangkan faktor penghambat yaitu (1) sedikitnya tenaga pendidik yang dimiliki pesantren, (2) motivasi santri yang masih sangat minim, (3) memiliki sarana prasana yang dapat menunjang kemahiran berbahasa Arab, namun sangat jarang untuk digunakan, dan (4) Budaya bahasa Arab yang dibentuk belum member dorongan positif baik bagi pengurus maupun santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhajir, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen, program lingkungan bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 29 Mar 2017 09:53
Last Modified: 29 Mar 2017 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24805

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum