PEMBINAAN PROFESI GURU BAHASA ARAB MELALUI LESSON STUDY DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

MULYADI, SPDI, NIM. 1420410148 (2016) PEMBINAAN PROFESI GURU BAHASA ARAB MELALUI LESSON STUDY DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN PROFESI GURU BAHASA ARAB MELALUI LESSON STUDY DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG)
1420410148_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN PROFESI GURU BAHASA ARAB MELALUI LESSON STUDY DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG)
1420410148_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mulyadi, Pembinaan Profesi Guru Bahasa Arab Melalui Lesson Study di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. MTs Muhammadiyah Sukarame merupakan lembaga pendidikan formal yang didirikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Bandar Lampung pada tahun 1990, di atas lahan seluas 6000 m2 memanfaatkan tanah wakaf dari Bapak H. Djamsari yang terletak di Jl. P. Sangiang Sukarame, Bandar Lampung. Dan mulai beroperasi pada tahun 1991. Dalam peningkatan profesionalisme guru, MTs tersebut menggunakan model lesoon study dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan secara mendalam pelaksanaan program lesson study dalam pembinaan profesi guru bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. 2) Untuk mengetahui hasil program lesson study dalam pembinaan profesi guru bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. 3) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan program lesson study dalam pembinaan profesi guru bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Hasil pendekatan menunjukkan bahwa program lesson study di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung adalah: pertama, guru-guru dapat mengembangkan kemampuan dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. kedua, guru-guru dapat memahami berbagai karakteristik peserta didik. Ketiga, Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran selanjutnya. Kendala/hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan program lesson study di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung adalah: pertama, Waktu/jadwal kegiatan lesson study berbenturan dengan kegiatan belajar mengajar. Kedua, tidak semua guru bisa mengikuti rangkaian lesson study. Ketiga, persiapan guru model dalam menghadapi lesson study kurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Lesson Study, Profesionalisme Guru, Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 29 Mar 2017 11:48
Last Modified: 29 Mar 2017 11:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24813

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum