PENDIDIKAN ISLAM RELIGIUS HUMANIS TUAN GURU HAJI MUHAMMAD RUSLAN ZAIN PENDIRI PONDOK PESANTREN DARUL KAMAL NW, KEMBANG KERANG, AIKMEL,LOMBOK TIMUR. NTB

MUHAMMAD AZZAMI, NIM. 1420410096 (2016) PENDIDIKAN ISLAM RELIGIUS HUMANIS TUAN GURU HAJI MUHAMMAD RUSLAN ZAIN PENDIRI PONDOK PESANTREN DARUL KAMAL NW, KEMBANG KERANG, AIKMEL,LOMBOK TIMUR. NTB. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM RELIGIUS HUMANIS TUAN GURU HAJI MUHAMMAD RUSLAN ZAIN PENDIRI PONDOK PESANTREN DARUL KAMAL NW, KEMBANG KERANG, AIKMEL, LOMBOK TIMUR. NTB)
1420410096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ISLAM RELIGIUS HUMANIS TUAN GURU HAJI MUHAMMAD RUSLAN ZAIN PENDIRI PONDOK PESANTREN DARUL KAMAL NW, KEMBANG KERANG, AIKMEL, LOMBOK TIMUR. NTB)
1420410096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang mengacu pada metode penelitian kualitatif. data yang diperoleh dilapangan menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Selain data lapangan, juga digunakan data-data kepustakaan berupa buku-buku yang relevan dengan tema penelitian ini, setelah itu, maka dilakukan analisis bersifat analitisdeskriptif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan sosio-historis, pendekatan ini dianggap relevan karena objek kajian dalam penelitian ini mengkaji biografi dan peran sang tokoh. Untuk mengurai persoalan-persoalan yang mendasar dari pemikiran dan gagasan sang tokoh. Hasil peneltian ini ditemukan pendidikan religius humanis dalam pemikiran TGH M. Ruslan Zain, perhatiannya lebih fokus pada pendalaman ilmu-ilmu dasar agama dan etika atau akhlak. Pemikiran tersebut dipengaruhi oleh beberapa aspek yaitu aspek setting dan latar belakang pendidikan, aspek semangat perjuangan dan aspek metode pendidikan yang digunakan. Rumusan pemikiran pendidikan Islam TGH M. Ruslan Zain mengenai pendidikan Islam relegius humanis yaitu : 1. Tujuan pendidikan Islam, 2. Materi dan kurikulum pendidikan Islam, 3. Tipoogi guru yang baik, dan 4. Perilaku peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Fauzan Naif, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Religius, Humanis, TGH. M. Ruslan Zain
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 29 Mar 2017 13:44
Last Modified: 29 Mar 2017 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24815

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum