PERAN TOKOH AGAMA DALAM PENANGGULANGAN KASUS BUNUH DIRI DI DESA NGALANG, KEC. GEDANG SARI, KAB. GUNUNGKIDUL

TAUFIK AMRI, NIM. 12540051 (2017) PERAN TOKOH AGAMA DALAM PENANGGULANGAN KASUS BUNUH DIRI DI DESA NGALANG, KEC. GEDANG SARI, KAB. GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN TOKOH AGAMA DALAM PENANGGULANGAN KASUS BUNUH DIRI DI DESA NGALANG, KEC. GEDANG SARI, KAB. GUNUNGKIDUL)
12540051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN TOKOH AGAMA DALAM PENANGGULANGAN KASUS BUNUH DIRI DI DESA NGALANG, KEC. GEDANG SARI, KAB. GUNUNGKIDUL)
12540051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Gunungkidul adalah salah satu wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengalami kekeringan cukup memprihatinkan ketika kemarau datang. Hal tersebut memaksa warga harus membeli air untuk persedian minum, mandi dan lain sebagainya. Tidak sampai disini saja, permasalahan-permasalahan lain seperti pengetahuan tentang agama membuat sebagian warga yang menyerah dan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Hal ini kemudian dikaitkan dengan mitos Pulung Gantung yang ada di masyarakat. Mitos ini sudah sebagian ada yang tidak percaya dan masih ada juga yang percaya, seperti yang ada di Desa Ngalang. Dari permasalahan-permasalahan yang ada seperti mitos, ada juga permasalahan lain yang melatarbelakangi seseorang nekat melakukan bunuh diri, salah satunya faktor ekonomi dan sosial. Namun dari permasalah-permasalahan yang dialami oleh masyarakat hal yang paling perlu ditanamkan adalah menumbuhkan dan menguatkan iman, ketika menghadapi masalah-masalah yang datang supaya angka bunuh diri semakin berkurang. Maka dari itu tokoh agama sangatlah penting untuk wadah bagi masyarakat dalam menggali ilmu-ilmu agama dan mempertebal iman serta mendekatkan diri kepada Tuhanya. Metodologi penelitian yang dilakukan penulis adalah (field research) atau penelitian lapangan, yaitu data maupun informasinya bersumber dari lapangan yang digali secara intensif dengan analisa dan pengujian kembali atas data dan informasi yang telah dikumpulkan dari data primer maupun sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Gunungkidul dengan fenomena bunuh dirinya harus mendapatkan prihatin lebih dari semua pihak seperti Pemerintah para tokoh agama dan tokoh masyarakat, dan elemen-elemen yang terlibat didalamnya. Faktor Agama menjadi salah satu kunci untuk memperkecil angka bunuh diri dan masyarakat juga penting dalam memperbaiki dan menanamkan nilai moral kepada masyarakat. Semua saling berperan sama yaitu untuk bisa memberikan perhatian kepada warga yang mungkin mengalami depresi dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhammad Amin, Lc., M.A
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Mar 2017 09:57
Last Modified: 30 Mar 2017 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum