RASIONALITAS KEAGAMAAN PELAKU MANDI KUNGKUM DI UMBUL JUMPRIT DESA TEGALREJO, KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG

LAYLIA MARITA ANGGRAENI, NIM. 12540083 (2017) RASIONALITAS KEAGAMAAN PELAKU MANDI KUNGKUM DI UMBUL JUMPRIT DESA TEGALREJO, KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RASIONALITAS KEAGAMAAN PELAKU MANDI KUNGKUM DI UMBUL JUMPRIT DESA TEGALREJO, KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG)
12540083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RASIONALITAS KEAGAMAAN PELAKU MANDI KUNGKUM DI UMBUL JUMPRIT DESA TEGALREJO, KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG)
12540083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mandi adalah kebutuhan setiap manusia untuk membersihkan diri dari kotoran. Namun mandi kungkum di Umbul Jumprit merupakan suatu ritual untuk mendapatkan berbagai berkah, pelarisan, dan mendapatkan ketentraman. Mandi kungkum untuk mendapatkan berkah di Umbul Jumprit mendapat pandangan stigma negative dari masyarakat luas, sebagaimana lazimnya mandi yang biasanya hanya untuk membersihkan kotoran, penelitian ini membahas tentang alasan-alasan yang melatar belakangi pelaku mandi kungkum juga membahas mengenai rasionalitas sebagai keteraturan pola-pola tindakan keagamaan pelaku mandi kungkum di Umbul Jumprit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan pelaku mandi kungkum dan rasionalitas nilai-nilai keagamaan pelaku mandi kungkum di Umbul Jumprit. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori rasionalitas dari Max Weber. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan menguraikan jawaban secara deskriptif, dengan sumber datanya adalah primer yaitu melalui proses wawancara observasi terhadap objek penelitian, dan data sekunder berasal dari dokumentasi. Penentuan responden meliputi para pelaku mandi kungkum di Umbul Jumprit. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian ini menemukan bahwa nilai-nilai agama yang dimaknai oleh pelaku mandi kungkum dikelompokkan dalam empat tipe rasionalitas. Pertama rasionalitas praktis pelaku mandi kungkum yang memilih melakukan mandi kungkum karena mandi kungkum dipercaya dapat mendatangakan kelarisan karena dirasa melakukan cara terbaik untuk mencapai suatu tujuan. Kedua rasionalitas teoritis pelaku mandi kungkum tentang konsep Tuhan yang diayakininya, sebagai yang maha mengatur segalanya, sebagai, mereka memilih melakukan mandi karena maha pencipta dan Tuhan itu adil, Tuhan menciptakan Umbul Jumprit untuk dimintai berkah. Ketiga rasionalitas subtantif terhadap nilai-nilai agama dapat dilihat dari pelaku mandi kungkum yang membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga serta yang tujuan yang mulia membahagiakan kedua orang tuanya. Rasionalitas formal dalam mematuhi peraturan pemerintah para pelaku mandi kungkum saat bulan puasa mereka tetap puasa karena memang kewajiban, dan saat berjualan warung makan para pelaku mandi kungkum tetap berjualan namun jendelanya di tutup kain untuk menghormati yang berpuasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi, M.Si, Psi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Mar 2017 09:59
Last Modified: 30 Mar 2017 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24834

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum