MOTIVASI DAN KONSTRUKSI SOSIAL PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI BAWAH UMUR (STUDI DI DESA KERTAMULYA KECAMATAN BONGAS KABUPATEN INDRAMAYU)

FITRIYAH MAHARANI, NIM. 12540098 (2017) MOTIVASI DAN KONSTRUKSI SOSIAL PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI BAWAH UMUR (STUDI DI DESA KERTAMULYA KECAMATAN BONGAS KABUPATEN INDRAMAYU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI DAN KONSTRUKSI SOSIAL PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI BAWAH UMUR (STUDI DI DESA KERTAMULYA KECAMATAN BONGAS KABUPATEN INDRAMAYU))
12540098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI DAN KONSTRUKSI SOSIAL PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI BAWAH UMUR (STUDI DI DESA KERTAMULYA KECAMATAN BONGAS KABUPATEN INDRAMAYU))
12540098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)

Abstract

Sebagian besar anak-anak akan dibesarkan oleh keluarganya. Di dalam keluarga anak akan mendapatkan pendidikan dan pembinaan untuk yang pertama, termasuk pendidikan seks. Anak-anak yang masih di bawah umur 18 tahun masih menjadi tanggung jawab untuk kedua orang tuanya. Seperti yang diatur oleh undang-undang perkawinan bahwa kedua orang tua wajib memelihara dan mendidik anak-anak mereka sebaik-baiknya. Tetapi pada kenyataanya banyak anak-anak yamg masih di bawah umur menjadi seorang pekerja seks komersial dengan alasan memenuhi kebutuhan keluarga. Dengan adanya undang-undang perkawinan diharapkan orang tua memberikan hak dan kewajibanya terhadap anak. Dari latar belakang tersebut penelitian dilakukan untuk menjawab beberapa pertanyaan antara lain sebagai berikut:Apa Motivasi yang melatar belakangi pekerja seks komersial yang merupakan anak-anak di bawah umur dan bagaimana konstruksi gender dalam fenomena pekerja seks komersial di kalangan remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari sumber primer yang meliputi data wawancara dan observasi. Sumber data sekunder diperoleh pustaka yang berhubungan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan teknik wawancara dan observasi terhadap pekerja seks komersial di bawah umur,orang tua pekerja seks komersial kemudian beberapa dari pihak pemerintah desa Kertamulya dan tokoh masyarakat.Teknik analisis data menggunakan deskiptif kualitatif dan teori yang digunakan adalah teori seksualitas sosial menurut Michel Foucault dan teori konstruksi gender Mansour Fakih. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pekerja seks komersial di bawah umur memiliki motivasi bahwa seksualitas sudah beralih fungsi dengan berorientasikan kepada kekuasaan sosial ekonomi keluarga. Kemudian di dukung oleh beberapa faktor mereka menjadi pekerja seks komersial, faktor tersebut adalah faktor lingkungan, faktor ekonomi, faktor pendidikan, faktor dorongan orang tua dan faktor agama. Dalam perspektif gender perempuan yang bekerja sebagai pekerja seks komersial dipandang sebagai sumber perekonomian keluarga. Selain itu perempuan yang masih di bawah umur dianggap lebih segar jika menjadi seorang pekerja seks komersial. Konstruksi lainya perempuan dipandang sebagai pelayan seksual laki-laki. Bentuk-bentuk ketidakadilan gender yang dapat ditemukan di masyarakat adalah marginalisasi, subordinasi, stereotipe, kekerasan dan beban kerja ganda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Inayah Rohmaniyah, S.ag., M.Hum., M.A
Uncontrolled Keywords: Pekerja seks komersial di bawah umur, Motivasi dan Konstruksi Gender
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Mar 2017 10:21
Last Modified: 30 Mar 2017 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24835

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum