MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU LEMBAGA PEDIDIKAN (STUDI KASUS PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

RAHMAD FITRIYANTO, SPDI, NIM. 1420410061 (2016) MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU LEMBAGA PEDIDIKAN (STUDI KASUS PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU LEMBAGA PEDIDIKAN (STUDI KASUS PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
1420410061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU LEMBAGA PEDIDIKAN (STUDI KASUS PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
1420410061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen merupakan kompenen pokok yang tidak dapat dipisahkan dari lembaga pendidikan. Tanpa manajemen, tujuan lembaga pendidikan tidak dapat diwujudkan secara optimal, efektif dan efisien. Masalah dalam lembaga pendidikan biasanya berhadapapan dengan pelayanan terhadap pelanggan. Pusat Pengembangan Bahasa merasa masih perlu untuk mengembangkan pelayanan terhadap pelanggan, yang merupakan salah satu indikator dari banyaknya pengguna Pusat Pengembangan Bahasa yang merasa belum puas terhadap pelayanan. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu prinsip yang harus dipenuhi lembaga pendidikan untuk meningkatkan mutu lembaga, hal ini memotivasi untuk melakukan penelitian bagaimana manajemen lembaga dan manajemen pengembangan mutu di Pusat Pengembangan Bahasa, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen pengembangan mutu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research ), sifat dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data, Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teori manajemen dan Total Quality Management. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: Pertama, Pelaksanaan manajemen mutu di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dilakukan dengan baik sesuai dengan manajemen lembaga pendidikan yaitu dengan perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengawasan lembaga akan tetapi masih bersifat konvensional. Pusat Pengembangan Bahasa melakukan manajemen mutu lembaga pendidikan dengan berbagai program yaitu antara lain: (a) Meningkatkan kualitas layanan, (b) Meningkatkan efektifitas manajemen administrasi, dan (c) tercapainya pertumbuhan pendapatan di Pusat Pengembangan Bahasa. Kedua, Pelaksanaan manajemen pengembangan mutu yaitu sebagai berikut: (a) Pelaksanaan visi, misi dan tujuan mampu diusahakan dengan baik (b) Proses belajar dan mengajar setiap divisi dapat berjalan dengan baik, (c) adanya usaha pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dari pelatihan dan pembelajaran dan pelayanan administrasi, (d) Perbaikan lembaga secara terus-menerus dengan evaluasi setiap program dan kegiatan, pelayanan, administrasi, perbaikan sarana dan prasarana laboraturium, (e) Kerjasama antar team di Pusat Pengembangan Bahasa sudah baik, (f) Kebebasan terkendali, dengan melibatkan beberapa pihak dalam pengambilan keputusan,(g) Pendidikan dan pelatihan, bagi dosen dalam pelatihan IELTS dan training lainnya. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat manajemen pengembangan mutu dilakukan analisis SWOT; Kelebihan (Strenght); Kelengkapan sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana dan perpustakaan. Kemudahan mahasiswa dalam mengikuti tes, pelayanan tata usaha kepada mahasiswa dan umum sudah baik. Kelemahan (Weakness); Instrument untuk tes TOEC dan IKLA menggunakan instumen lama, kurang minatnya mahasiswa umum mengikuti pelatihan, kurang maksimalnya pelatihan dan pembelajaran sehingga tidak menjamin lulusannya, belum ada pelatihan dosen bagi kelas difabel, hasil tes TOEC dan IKLA masih terlalu lama keluarnya, jadwal mahasiswa yang bentrokan dengan fakultas, belum bisa mendatangkan native speaker asing, Peluang (Opportunity); Salah satu lembaga bahasa yang menfasilitasi dalam tes TOEC dan IKLA untuk mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dan umum, viii kemudahan bagi mahasiswa asing untuk belajar bahasa Indonesia, kerjasama yang baik dengan pihak luar, menjadi lembaga yang memiliki dana yang memadai. Ancaman (Threats); Pengaruh kemajuan teknologi yang dapat menimbulkan persaingan dalam minat mengikuti pelatihan dan tes TOEC dan IKLA di Pusat Pengembangan Bahasa, menjadi lembaga yang komsumtif, tes TOEC dan IKLA dari kebanyakan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga sendiri, dan daya saing yang rendah dengan lembaga sejenis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: manajemen pengembangan mutu, lembaga pedidikan, pusat pengembangan bahasa uin sunan kalijaga
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Mar 2017 11:03
Last Modified: 30 Mar 2017 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24840

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum