NEGOSIASI IDENTITAS ANTARA NU DAN MUHAMMADIYAH (STUDI KASUS DI DESA GLADAK ANYAR KECAMATAN KOTA PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN)

MASODI, NIM. 13540035 (2017) NEGOSIASI IDENTITAS ANTARA NU DAN MUHAMMADIYAH (STUDI KASUS DI DESA GLADAK ANYAR KECAMATAN KOTA PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NEGOSIASI IDENTITAS ANTARA NU DAN MUHAMMADIYAH (STUDI KASUS DI DESA GLADAK ANYAR KECAMATAN KOTA PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN))
13540035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NEGOSIASI IDENTITAS ANTARA NU DAN MUHAMMADIYAH (STUDI KASUS DI DESA GLADAK ANYAR KECAMATAN KOTA PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN))
13540035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)

Abstract

Fenomina NU dan Muhammadiyah selalu menarik untuk diteliti dan ditelusuri perkembangannya dari setiap waktu kewatu. Hal ini disebabkan kedua organisasi massa (ormas) Islam ini merupakan dua dari sekian banyak ormas yang mempunyai massa yang besar dan mempunyai pengaruh kuat bagi rakyat Indonesia, yang mayoritas memeluk agama Islam. Tentu di antara kedua ormas ini terdapat banyak dinamika yang bisa diangkat ke permukaan dan dijadikan salah satu bahan ajaran untuk proses pendewasaan kita dalam mengokohkan basis demokrasi Negara ini. Adapun fokus dalam penelitian ini, peneliti mengangkat tentang proses komunikasi yang terjalin antara masyarakat NU dan Muhammadiyah. Terlebih dalam penelitian ini penulis mengungkap dinamika yang terjadi di antara kedua ormas tersebut ketika terjadi benturan pemahaman di tengah latar belakang identitas yang berbeda. Penelitian ini dilakukan di Desa Gladak Anyar kecamatan Kota Pamekasan kabupaten Pamekasan Madura. Untuk menjawab fokus permasalahan yang diteliti, teori yang digunakan oleh penulis ialah dengan menggunakan teori Negosiasi Muka (face negotiation theory), yang dikenalkan oleh Stella Ting Toomey. Dalam proses penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kuantitatif untuk bisa menghimpun data. Sumber data yang dihimpun di lapangan melalui tahapan wawancara, obervasi dan dokumentasi. Tahapan-tahapan tersebut digunakan untuk mendapatkan data-data yang valid dan objektif dari para narasumber di lapangan, sehingga hasil dari penelitian ini bisa dipertanggung jawabkan. Adapun proses analis data dalam penelitian ini, penulis berusaha mengorganisir data yang didapatkan di lapangan, dan diolah sesuai dengan teori yang digunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan komunikasi masyarakat NU dan Muhammadiyah di Gladak Anyar secara gambaran umum masih berjalan dengan baik. Meskipun demikian perlu dijelaskan bahwa ada kalanya di antara kelompok masyarakat NU dan Muhammadiyah menjalin komunikasi yang baik, dan adakalanya satu sama lain saling menutup diri untuk melindungi wilayah independensinya agar tidak dimasuki oleh orang atau kelompok lain. Proses negosiasi antara NU dan Muhammadiyah akan berjalan baik begitupun juga keberlanjutan komunikasinya, salah satunya ketika di antara keduanya berada dalam kegiatan-kegiatan sosial, begitupun sebaliknya proses negosiasi akan sedikit terganggu ketika di antara keduanya menyinggung persoalan khilafiyah di antara mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawar Ahmad, S.S., M.Si
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:11
Last Modified: 31 Mar 2017 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24857

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum